blank
Mobil yang tertimpa pohon tumbang di Purwosari Kaliwiro Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebuah pohon tumbang di jalan tanjakan Betet Purwosari Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah, menimpa salah satu mobil pribadi yang tengah melintas di jalan tersebut, Jumat (26/11), sekitar pukul 17.00 WIB.

Koordinator Tim SAR Kaliwiro Habib, Sabtu (27/11), melaporkan peristiwa tersebut terjadi setelah daerah Purwosari dan sekitarnya saat itu diguyur hujan lebat disertai angin kencang dalam waktu yang cukup lama.

“Salah satu pohon besar yang ada dipinggir jalan tumbang dan menimpa bagian depan mobil yang tengah lewat. Mobil mengalami kerusakan di bagian depan dan pengendara hanya terluka ringan,” katanya.

Pengendara mobil, lanjut Habib, merupakan warga Kemiri Purworejo yang baru saja berkunjung ke Purwosari. Sore itu, meski dalam kondisi hujan lebat, korban bermaksud pulang. Tak tahunya di tengah jalan mobil yang dikendarai tertimpa pohon tumbang.

Banyak Pohon

blank
Kalak BPBD Wonosobo, Bambang Trie. Foto : SB/dok

Mendapat laporan ada korban pengendara mobil tertiampa pohon tumbang, tim SAR Kaliwiro langsung menuju lokasi tempat kejadian perkara (TKP) untuk memberi pertolongan dan mengevakuasi pohon yang menimpa mobil korban.

“Alhamdulillah berkat kesigapan tim SAR, RPB Wiro Sakti dan warga setempat pohon yang menimpa mobil dan melintang jalan pun segera bisa disingkirkan. Jalur lalu lintas juga bisa segera dilewati dengan aman dan lancar,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo Bambang Trie menyebut di daerah Kaliwiro dan sekitanya, memang banyak pinggir bagian kanan-kirin jalan raya yang ditumbuhi pohon besar. Pohon tersebut rawan tumbang saat musim hujan lebat dan disertai angin kencang.

“Karena itu, saya mengimbau pada pengguna jalan yang tengah melintas di daerah tersebut saat turun hujan dan ada angin kencang, sebaiknya berhenti dulu di area yang aman. Jika kondisi sudah aman, baru perjalanan bisa dilanjutkan kembali,” pintanya.

Muharno Zarka