blank
Salah satu warga divaksin di Mapolres Magelang, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)– Sebanyak 400 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayat Kedunglumpang, Nusupan, Desa/Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, antusias mengikuti vaksinasi dosis kedua.Dari jumlah sasaran, semua ikut vaksin. Meski sudah vaksin, mereka diminta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Sementara itu Polres Magelang secara kumulatif, hingga Rabu 24 November 2021, telah memvaksin 126.339 orang. Terdiri atas 66.428 orang vaksin dosis pertama, 59.637 orang dosis kedua, dan 274 orang vaksin dosis tiga.

Kapolres AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasi Humas Iptu Abdul Muthohir SH hari ini menginformasikan, pelaksanaan vaksinasi secara bertahap dan di tempat yang berbeda-beda. Sebagaimana yang dilakukan 24 November, sebanyak 400 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayat Kedunglumpang, Nusupan, Desa/Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang mengikuti vaksinasi dosis kedua. Kegiatan vaksinasi digelar oleh Polres Magelang.

Kepada para santri yang sudah vaksin dosis kedua, Abdul Muthohir minta agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes), yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan, mengurangi bepergian selain untuk keperluan mendesak.

Kepada masyarakat di wilayah kerjanya, dia juga menekankan hal yang sama. Disampaikan bahwa sudah divaksin, meskipun telah dosis dua, bukan berarti bebas dari paparan covid-19. Untuk memutus rantai persebaran covid-19, selain vaksin harus tetap mematuhi Prokes.

Antusias

Tim Vaksinator Sidokkes Polres Magelang melaksanakan kegiatan tersebut mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 14.00 WIB. “Para santri antusias mengikuti vaksinasi dosis kedua itu. Dari 400 sasaran semuanya dapat divaksin,” jelasnya, Kamis (25/11/2021)

Muthohir menambahkan, selain di Salaman, vaksinasi dosis kedua juga digelar di Balaidesa Sedayu, Muntilan. Berhasil menyuntikkan vaksin sebanyak 1.138 orang. Kemudian di Kalipucang, Grabag 598 orang dan di Ngablak 15 orang.

“Sementara di Kecamatan Dukun berhasil divaksin dosis pertama sebanyak 15 orang, dosis dua sebanyak 12 orang, dan tiga orang vaksin dosis tiga,” terangnya.

Kemudian di Gerai Polsek Secang divaksin 10 orang dosis pertama dan empat orang vaksin dosis ketiga. Kemudian di Polsek Borobudur divaksin enam orang dosis pertama dan delapan orang vaksin dosis kedua. Sedangkan di Gerai Polres Magelang divaksin dosis pertama sebanyak tujuh orang dan 191 orang vaksin dosis kedua.

Dengan demikian, kemarin Polres Magelang total memvaksin 79 orang vaksin dosis pertama, sedangkan 2.362 orang vaksin dosis dua, dan tujuh orang vaksin dosis tiga. Seluruhnya berjumlah 2.448 orang. “Adapun jenis vaksin yang digunakan Moderna 1.167 vial dan Coronavac delapan orang,” ujar Muthohir.

Eko Priyono-Mul