blank
Anggota TNI-Polri melakukan pengamanan vaksinasi. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)– Danramil 07/Ngablak, Kodim Magelang, Lettu Inf Aris Widodo, memberikan peirintah kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk selalu mendampingi dan memantau kegiatan vaksinasi.

Tujuan pemantauan tersebut untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Apabila ada hal-hal menonjol, Babinsa dan unsur terkait bisa segera bertindak dengan cepat.

“Dengan tren penurunan jumlah terkonfirmasi positif covid-19 di wilayah Magelang, masyarakat tetap diminta waspada dan tidak terlena. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir agar masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya dan ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” harap Danramil, Rabu (24/11,21).

Terkait perintah Danramil itu Babinsa setempat pun aktif melakukan pemantauan dan pendampingan, serta selalu bersinergi dengan jajaran Polsek setempat.

Selasa lalu (23/11/21), anggota Koramil 07/Ngablak, bersama petugas Polsek Ngablak, juga mendampingi dan memantau pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar 500 warga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung PKK Kecamatan Ngablak.

Babinsa Serda Sarwadi, mengatakan tindakan pendampingan dan pemantauan tersebut untuk memastikan kegiatan vaksinasi berjalan aman dan tidak ada kendala apa pun.

Sarwadi juga meminta kepada masyarakat di wilayahnya agar warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes), meskipun sudah divaksin, baik dosis pertama, kedua, atau bahkan ada yang telah mendapat vaksin dosis ketiga.

Prokes tersubut meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas atau tidak bepergian kecuali untuk keperluan mendesak/penting.

”Kami bersama pihak lain yang terkait selalu bersinergi untuk membantu warga serta melakukan pemantauan. Juga memberi pengertian kepada masyarakat, tentang arti penting mematuhi Prokes serta mengikuti vaksinasi. Tren paparan covid-19 memang menurun, tetapi potensi ancaman tetap belum hilang sama sekali, sehingga kita semua jangan terlena,” ungkapnya.

Eko Priyono-Mul