blank
Presenter sekaligus founder Benihbaik.com Andy F Noya bertukar cindera mata dengan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, disaksikan Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pendiri sekaligus founder Benihbaik.com, Andy F Noya yang juga presenter televisi kondang Program Kick Andy mengagumi  kemajuan pembangunan Kebumen, setelah sekian lama tidak menginjakkan kaki ke Kota Beriman.

Hal itu disampaikan Andy di depan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada launching Program Konservasi Tukik dan Pelatihan Pengelolaan Hasil Laut yang turut dihadiri Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (16/11).

“Jujur, saya kagum dengan Kebumen saat ini sudah banyak kemajuan. Kotanya lebih rapi, ekonomi sudah tumbuh pesat, semakin ramai. Berbeda dengan waktu saya masih muda datang ke Kebumen, rasanya masih jauh dengan kota-kota lain,” ujar Andy yang mengaku pernah memiliki hubungan dengan gadis Kebumen, namun akhirnya belum menjadi jodohnya.

Menurut Andy,  kemajuan suatu daerah ciri khasnya ada dua. Bisa datang dari pemimpin daerahnya, bisa pula memang karena kreativitas masyarakat. Nah ia melihat di Kebumen dua-duanya memiliki itu. Di samping bupatinya smart dan berjiwa muda, masyarakat Kebumen pun punya daya kreatif tinggi.

“Ciri dari kabupaten atau kota maju memang bisa diliatdari pemimpin atau masyarakatnya. Di Kebumen saya melihat bupatinya sudah smart (pintar), masih muda dan punya banyak terobosan. Tinggal bagaimana ide dan gagasan Pak Bupati bisa ditangkap dan didukung oleh jajaran di bawahnya,”terang Andy.

blank
Bupati Arif Sugiyanto bersama Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari dan Andy F Noya serta Sekda Ahmad Ujang Sugiono.(Foto;SB/Ist)

Konsep jalan satu arah juga disinggung oleh Andy sebagai suatu program yang bagus untuk menjadikan Kebumen sebagai kota  besar. Ia yakin, dengan program ini bisa mempercepat dan memperbesar pelaku ekonomi kreatif di Kebumen. Pihaknya pun mengaku sudah pernah mengundang pelaku usaha kreatif asal Kebumen untuk tampil di Kick Andy.

“Seperti Irma Suryati, ini saya salut di tengah keterbatasannya sebagai kaum difabel, dia justru banyak memberikan inspirasi dengan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui usahanya membuat keset dari kain Perca. Bahkan sampai di ekspor ke Australia. Produk UMKM Kebumen sudah layak untuk go internasional, tinggal bagaimana itu didukung oleh pemerintah daerah,” terangnya.

Dikembangkan untuk Topang Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan, Kebumen adalah Kabupaten yang punya potensi besar, dari segi kekayaan alam. Semua potensi ini akan diarahkan dan dikembangkan untuk menopang kesejahteraan masyarakat. Seperti konservasi penyu, konservasi mangrove dan wisata alam lain.

Menruut Bupati, konservasi penyu merupakan salah satu aset di Kebumen yang harus terus dikembangkan. Karena alam dan manusia ini butuh keseimbangan, penyu butuh tempat hidup dan berkembangbiak. Manusia  wajib melindungi dan merawatnya,”ujar Arif Sugiyanto.

Bupati melihat warga pesisir selatan Desa Jagasima telah memiliki kesadaran yang baik untuk merawat dan melindungi penyu. Tinggal bagaimana pemerintah hadir memberikan dukungan infrastruktur agar pengelolaan konservasi ini bisa berkembang, dan bisa dijadikan salah satu tempat wisata edukasi bagi masyarakat luas.

“Karena itu kita hadirkan Pertamina Foundation di Kebumen untuk ikut membantu pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program CSR. Bukan hanya konservasi penyu, tapi kita juga punya konservasi mangrove yang nanti bisa digabungkan sebagai wadah edukasi masyarakat,” tuturnya.

Bupati juga menyampaikan dalam beberapa kesempatan dirinya kerap mempromosikan potensi Kebumen dari sisi wisata alam, dan produk-produk UMKM yang dibuat oleh masyarakat. Baik produk makanan kuliner maupun kerajinan tangan.

“Jadi sering di pertemuan acara APKASI saya selalu mengajak kepada para kepala daerah untuk main ke Kebumen. Kita promosikan, Kebumen punya banyak wisata alam berupa kekayaan laut yang layak dikunjungi. Alhamdulillah baik kepala daerah maupun menteri sekarang banyak berkunjung ke Kebumen,” tandas Arif Sugiyanto.

Komper Wardopo