blank
Upacara pembukaan Dianpinru Penggalang Kwartir Cabang Kudus, dilakukan di halaman SMP Negeri 1 Dawe, Kudus, Senin (15/11/2021). Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– Kwartir Daerah Jawa Tengah melaksanakan upacara pembukaan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang, di Kwartir Cabang Kudus, yang bertempat di SMP Negeri 1 Dawe, Kudus, Senin (15/11/2021).

Kegiatan yang rencananya dilaksanakan lima hari pada Senin-Jumat (15-19/11/2021) ini digelar, dalam rangka Fasilitasi Kepramukaan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Tahun 2021, yang melibatkan 120 peserta dari sembilan kwartir ranting.

Kepala SMP Negeri 1 Dawe, Kudus, Endang Siwi Ekoati mengatakan, pihaknya memfasilitasi tempat, dan mendukung kegiatan dengan menyediakan sarana dan prasarana.

BACA JUGA: Polsek Patean Gelar Vaksinasi Dosis II Jenis Sinovac

”Kami memiliki lapangan bola dan aula yang cukup untuk menampung 120 peserta. Kami berharap, SMP Negeri 1 Dawe menjadi tuan rumah yang baik,” kata Endang dalam keterangannya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Kudus, Mawar Hartopo menjelaskan, yang dibutuhkan dalam kegiatan itu adalah kesiapan. SMP Negeri 1 Dawe siap dalam segala hal, termasuk sarana dan prasarananya.

”Kami memilih SMP 1 Dawe karena representatif. Suasana di SMP 1 Dawe tenang, jauh dari keramaian. Pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan konsentrasi, sehingga pemilihan sekolah ini tepat. karena tenang, tidak bising,” ujarnya.

BACA JUGA: Kesebelasan Peserta Wali Kota Cup 2021 Diminta Bermain Sportif dan Beretika

Mawar Hartopo menambahkan, tujuan penyelenggaran Dianpinru adalah, membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap. Selain itu, mendorong para pembina pramuka dan pembantu pembina, dalam menerapkan sistem among dan sistem beregu sebaik-baiknya.

”Selain itu, memberi latihan praktik kepada para pemimpin regu dan wakilnya sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin serta membangun kerja sama yang baik,” tandasnya.

Riyan