diabetes
Selain menghadirkan nar sumber dr Rudy Kurniawan, pendiri, pendiri Komunitas Sobat Diabet dalam webinar #Hands4Diabetes2021 Online Festival yang dilaksanakan Komunitas Sobat Diabet bekerjasama dengan Tropicana Slim, juga menghadirkan dr Martha Rosana, Staff Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI . Foto: Istimewa

JAKARTA, (SUARABARU.ID)- Dukungan lingkungan sangat berpengaruh bagi pemulihan kondisi bagi penderita diabetes.

Selain itu, salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan bagi penderita penyakit diabetes, yakni  menjalankan pola hidup sehat dan h dukungan sosial, baik dari keluarga dan orang terdekat.

Demikian dikatakan dr  Rudy Kurniawan, pendiri Komunitas Sobat Diabet dalam webinar  #Hands4Diabetes2021 Online Festival yang dilaksanakan Komunitas Sobat Diabet bekerjasama dengan  Tropicana Slim.

Rudy mengatakan, dukungan sosial dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi stress bagi penderita diabetes dan meningkatkan tingkat kesadaran diri. Selain itu, juga mendukung perubahan gaya hidup yang kurang sehat.

“Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mendukung penderita diabet tersebut  antara lain menunjukkan rasa empati untuk mengatasi stress yang dapat berefek negatif terhadap kontrol gula darah5, ikut menjalankan pola makan yang sehat,”katanya.

Ia menambahkan,  yang tidak  kalah penting dan perlu disadari bagi penderita penyakit gula tersebut  dan keluarganya, yakni komitmen dan semangat untuk hidup lebih sehat. Selain itu, tetap menjaga asupan gula dan kalori.

dr Martha Rosana, Staff Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen

Penyakit Dalam RSCM-FKUI mengatakan, keterbatasan yang timbul selama masa pandemi ini membuat peran dan kemampuan orang yang mempunyai penyakit gula  dalam  mengelola diri  kondisi diabetes menjadi sangat penting.

“Manajemen diabetes dapat meliputi beberapa poin penting, dan sangat penting dilakukan di masa pandemi ini, di antaranya pengaturan pola makan yang sehat, rutin beraktivitas fisik, konsumsi obat dan

penggunaan insulin sesuai anjuran dokter,” katanya.

Selain itu, juga harus secara  rutin memeriksa kadar gula darah dan kondisi kaki, serta menjaga

kesehatan emosi.

Noviana Halim,  Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, kegiatan webinar #Hands4Diabetes2021 Online Festival  tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati “ World Diabetes Day 2021”.

“Kegiatan ini dilakukan dengan misi mengajak masyarakat Indonesia agar lebih

peduli untuk mencegah dan melawan diabetes, khususnya di masa pandemi saat ini,” kata Noviana.

Ia menambahkan,  kegiatan  #Hands4Diabetes2021 Online Festival mengangkat tema “Dukung Diabetesi di Masa Pandemi” juga diisi dengan   rangkaian kegiatan edukatif dan interaktif.

Mulai, sesi edukasi Meet the Doctor bersama dr. Martha Rosana,  sesi sharing dan testimonial bersama komunitas Sobat Diabet, serta kegiatan senam online serentak nasional di 52 kota se-Indonesia.

“Tropicana Slim juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menunjukkan solidaritas kepada diabetesi dengan

melakukan posting smiling hand di Instagram & TikTok,” imbuhnya. Yon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here