Suasana latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) laras panjang dan pistol triwulan IV TA 2021 di Lapangan Tembak Sojomerto Kendal.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Prajurit Kodim 0715/Kendal menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) laras panjang dan pistol triwulan IV TA 2021 di Lapangan Tembak Sojomerto Kendal, Jumat (12/11/2021).

Karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan prajurit Kodim 0715/Kendal cukup banyak, maka dari itu, untuk menghindari kerumunan, latihan dibagi tiga gelombang.

“Selama latihan menembak ini, kami tetap menjalankan protokol kesehatan ketat agar tidak menjadikan klaster baru Covid-19. Karena, protokol kesehatan ini sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19,”kata Komandan Kodim(Dandim) 0715/Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto, S.T.

Menurut Dandim 0715/ Kendal, latihan ini diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0715/Kendal dan di lokasi tempat menembak juga disediakan tempat mencuci tangan beserta sabunnya.

“Tujuan dilakukannya latihan menembak secara rutin setiap per triwulan seperti sekarang ini, agar kemampuan menembak para prajurit tetap terpelihara. Sehingga naluri tempur selalu ter asah meski sudah bertugas di satuan teritorial dan yang paling penting menjaga faktor keamanan personel dan materiil,”ujar Dandim 0715/Kendal.

Dandim 0715/ Kendal mengaku, kemampuan dan keterampilan menembak merupakan kemampuan dasar militer bagi seorang prajurit termasuk pengetahuan secara teknis, menembak dengan teknik benar (sesuai dengan prosedur penggunaan senjata) serta perlu dipelihara dan diasah.

“Latihan yang kami gelar merupakan latihan periodik, dengan menu latihan menembak senapan laras panjang dengan jarak 100 meter dengan sikap tiarap dan menembak pistol,”ucap Dandim 0715/ Kendal.

Dandim 0715/ Kendal berharap, dengan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, kemampuan dasar prajurit tetap terjaga dengan baik.

“Walaupun kita sudah di satuan teritorial sebagai prajurit, naluri tempur harus ter asah dan terpelihara, guna menunjang tugas kedepan. Sebagai prajurit TNI kita juga harus profesional dan siap digerakkan kapan saja jika dibutuhkan,” jelas Dandim 0715/ Kendal. Sapawi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here