blank
M Al Khadziq (Bupati Temanggung). Foto: antara

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)- Sejumlah pertunjukan seni budaya dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-187 Kabupaten Temanggung, dilakukan secara virtual, untuk mencegah terjadi kerumunan penonton

”Meskipun PPKM di Temanggung masuk Level 2, kami tidak ingin mengambil risiko terjadi kerumunan massa. Maka sejumlah pertunjukan seni budaya dilakukan secara virtual,” kata kata Bupati Temanggung, M Al Khadziq, Selasa (9/11/2021).

Dia menyatakan, hal itu sebagai bentuk kehati-hatian, karena ini acara pemerintah supaya tidak terjadi kerumunan, maka beberapa kegiatan dilakukan secara virtual.

BACA JUGA: Kompolnas: Penyitaan Kotak Amal Teroris JI oleh Densus Sudah Didukung Bukti

Meskipun di lokasi acara ada penonton, tetapi hanya tamu undangan khusus dengan protokol kesehatan ketat. Sedangkan masyarakat bisa menonton secara virtual.

Sejumlah pertunjukan seni budaya itu bakal digelar di Tuk Budoyo lereng Gunung Sumbing, kemudian di Embung Bansari lereng Gunung Sindoro, dan pergelaran budaya di TPA Sanggrahan.

Dia menyampaikan, pada Rabu (10/11/2021), Temanggung akan merayakan ulang tahunnya yang ke-187. Tema HUT tahun ini adalah ‘Kita Kuat Semakin Hebat’. Yang artinya, kalau masyarakat kuat menghadapi situasi pandemi yang serba sulit, maka akan tumbuh sebagai kabupaten yang semakin hebat di masa yang akan datang.

BACA JUGA: RS TK. III Bhakti Wira Tamtama Gelar Baksos Bagikan Alat Bantu Dengar untuk Purnawirawan

Selain pertunjukan seni, dalam rangkaian HUT Temanggung ini juga dilakukan upacara penggantian songsong, doa bersama, dan musyawarah kebudayaan.

Pada puncak acara HUT Temanggung pada Minggu (21/11/2021), digelar sendratari dan pemberian penghargaan Masjchun Sofwan Awards, untuk juara di bidang kebersihan tingkat Kabupaten Temanggung.

Ketua Panitia HUT ke-187 Kabupaten Temanggung, Djoko Prasetyono menyampaikan, rangkaian peringatan Hari Jadi sudah dimulai sejak Jumat (5/11/2021), dengan gerakan bersih kota, dan deklarasi pasar bebas sampah.

Dia menuturkan, pada acara puncak HUT Temanggung akan diisi dengan pergelaran sendratari virtual ‘Nirmala: Ngruwat Ama, Ngrawat Budaya’, di Graha Bhumi Phala Temanggung, dan pengumuman pemenang Masjchun Sofwan Award 2021.

Riyan