blank
Hanung Wikantono (Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga). Foto: dok/ist

PURWOKERTO (SUARABARU.ID)– Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga menginformasikan, kasus aktif covid-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi di daerah itu, hingga Senin (8/11/2021), masih tersisa 11 orang.

”Kasus aktif covid-19 di Purbalingga menurut data terbaru masih ada 11 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono, ketika dihubungi dari Purwokerto, Senin (8/11/2021).

Dia menyebutkan, dalam beberapa hari terakhir jumlah kasus aktif covid-19 di wilayah ini terus menurun. ”Sebagai contoh, bila dibandingkan dengan data bulan yang lalu yakni 8 Oktober 2021, jumlah kasus aktif di Purbalingga ada sebanyak 42 orang,” ungkapnya.

BACA JUGA: Vaksinasi Massal Berhadiah Kulkas di GITJ Margokerto, Sasar 3000 Orang

Dia juga menyatakan, total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di wilayah ini sejak awal penanganan hingga saat ini, ada sebanyak 18.416 orang.

”Kasus terkonfirmasi covid-19 di wilayah ini sejak awal penanganan hingga hari ini ada sebanyak 18.416 orang,” papar dia.

Dari jumlah itu, 17.273 telah dinyatakan sembuh, 1.132 meninggal dunia, lima masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan, dan enam lainnya melakukan isolasi mandiri.

BACA JUGA: Badai Salju Lumpuhkan Sektor Transportasi di China

Dia menambahkan, bila merujuk pada data maka dapat diindikasikan, penyebaran dan penanganan pandemi covid-19 di wilayah ini telah mulai terkendali.

”Kami berharap dan juga optimistis, pada masa yang akan datang pasti makin terkendali. Karena beberapa pekan terakhir, data yang tersedia mengindikasikan penurunan kasus aktif yang cukup signifikan,” jelas dia lagi.

Kendati demikian, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan segera mendapatkan vaksinasi covid-19.

BACA JUGA: Pembuktian Kepantasan dari Kehebatan Canelo

”Kami mengajak masyarakat agar tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bagi yang belum mendapatkan vaksin, diharapkan segera mendaftarkan diri ke Puskesmas yang terdekat dari domisili masing-masing,” saran Hanung.

Pemkab Purbalingga, imbuhnya, masih akan terus melakukan sejumlah upaya strategis, guna meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah ini.

Riyan