blank
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi pendaki yang mengalami hipotermia. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dua orang pendaki Gunung Lawu jalur pendakian Cemoro Kandang Kabupaten Karanganyar yang mengalami hipotermia di pos 3, pada pukul 09.15 WIB, Senin (8/11/2021) berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan selamat.

Kejadian tersebut dialami Sismi Khafah (16) asal Jakarta dan Adit (23) warga Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah yang sedang melakukan pendakian bersama rombongan.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menyampaikan, pada Sabtu (6/11/2021) ada satu rombongan pendaki naik dari base camp Cemoro Kandang hingga puncak dan bermalam di puncak.

“Pada Minggu (7/11) sore, rombongan pendaki tersebut turun. Namun sesampai di pos 3, dua orang mengalami hipotermia tidak bisa melanjutkan perjalanan, mereka membutuhkan pertolongan pertama,” ungkap Heru.

Menurut Heru, kejadian tersebut diterima base camp Cemoro Kandang sekitar pukul 22.40 WIB. Dan upaya evakuasi tim SAR gabungan dari titik base camp Cemoro Kandang menuju pos 3 membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

“Tim SAR gabungan sampai di pos 3 kurang lebih pukul 03.00 WIB dini hari, dimana ketinggian pos 3 kurang lebih 2250 MPDL, dan tim SAR gabungan mengevakusi dengan cara menggendong,” kata Heru.

“Hingga akhirnya pada pukul 09.15 WIB tim SAR gabungan sampai di base camp Cemoro Kandang, yang dilanjutkan dengan penanganan pertolongan pertama pada survivor,” tandasnya.

Ning