blank
Wakil Ketua MPR RI Zulkifly Hasan saat diantar Edy Sujatmiko ke kamar Pingitan RA Kartini

JEPARA (SUARABARU.ID) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Kabupaten Jepara, Jumat (5/11/2021). Rombongan diterima oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko bersama para pejabat terkait di Pendopo Raden Ajeng (RA) Kartini.

“Ini luar biasa Jepara. Ini mungkin pendopo kabupaten terbaik di Indonesia yang pernah saya kunjungi,”  ujar   Zulkifli Hasan kepada Edy Sujatmiko yang mendampingi menyaksikan keindahan pendopo.

Tidak sampai di situ, Zulhas demikian wakil Ketua MPR RI ini sering disapa,  saat berkeliling pendopo bersama Sekda Edy Sujatmiko  juga mengagumi ukiran Macan Kurung, serta relief ramayana yang ada di ruang peringgitan dalam Pendopo R.A Kartini. Melihat relief tersebut, Zulhas yang juga Ketua Umum Partai Amanat nasional (PAN) ini, langsung tertarik dan ingin memesan relief untuk dibawa ke Jakarta.

Kepada Edy Sujatmiko Zulkifli Hasan juga mengungkapkan, ia ingin  pesan relief seperti ini, untuk untuk dipasang di rumah. Relief ini sangat  indah sekali. Seniman ukir Jepara memang luar biasa. “Saya sudah melihat berbagai macam ragam ukiran di Indonesia dan Jepara adalah yang terbaik,” ujar Zulkifli Hasan.

blank
Zulhas dan Edy saat berada di tempat RA Kartini mengajar yang sekarang dikenal dengan peringitan belakang pendopo.

Saat diantar oleh Edy Sujatmiko ke kamar pingitan RA Kartini, Zulkifli Hasan mengaku sangat mengaggumi RA Kartini. Bahkan ia menyebutnya sebagai salah satu inspirasi bangsa Indonesia yang  gagasannya masih relevan sampai sekarang. Edy juga mengajak Zulkifly Hasan melihat tempat RA Kartini mengajar.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengatakan, ada banyak sentra kerajinan yang dapat dikunjungi. Mulai sentra pantung di Mulyoharjo, sentra ukir dan relief di Senenan, sentra gebyok di Blimbingrejo, sentra almari di  Kecapi, dan sentra mebel di  Sukodono.

blank
Zulkifly Hasan melihat seorang perajin di Jepara

“Juga ada sentra relief kaligrafi di Potroyudan dan Demaan, dan Kampung Sembada Ukir Petekeyan,” kata Edy. Selain dari kerajinan yang berbahan kayu, Jepara juga memiliki tenun Troso yang sangat indah dan telah merambah kepasar mancanegara. Ada juga moel dan gerabah, tambah Edy Sujatmiko

Edy, berharap lewat kunjungan Wakil Ketua MPR ini, akan memberikan manfaat yang lebih kepada para perajin di Kota Ukir.  “Pandemi membawa dampak yang luar biasa bagi usaha di Jepara. Namun demikian, sekarang perlahan semakin bagus,” kata Edi.  Harapan Edy, sektor UMKM Jepara  kembali dapat bangkit.

Hadepe