blank
Penandatanganan artefak komitmen kesiapan hasil pembangunan Infrastruktur ICT Mandalika, oleh Herlan Wijanarko (kedua dari kiri) disaksikan Zulkieflimansyah (kedua dari kanan), Ema Widiastuti (paling kanan), Mohammad Salsabil (paling kiri). Foto: dok/ist

MATARAM (SUARABARU.ID)– PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), sebagai perusahaan telekomunikasi digital plat merah, turut serta mendukung program pemerintah, dalam mengembangkan potensi wisata di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mandalika sendiri merupakan satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas, seperti yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Telkom hadir sebagai Digital Telco Partner, yang siap mendukung digitalisasi di kawasan Mandalika, terutama di Mandalika International Street Circuit, yang merupakan tempat diselenggarakannya rangkaian even internasional bergengsi, seperti World Superbike dan MotoGP. PT Telkom mendukung melalui penyediaan konektivitas, platform, dan layanan digital.

BACA JUGA: Beruntung Dapat Lawan yang Aktif Bertarung

Untuk memastikan kesiapan infrastruktur jaringan Information & Communication Technology (ICT) milik Telkom Group di kawasan Mandalika International Street Circuit, telah dilakukan aktivitas uji jaringan (rehearsal test).

Dalam acara uji jaringan itu, disaksikan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng dan Wawan Iriawan, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, dan Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation Ema Widyastuti.

Selain itu, hadir pula Direktur ITDC Nusantara Utilitas Hari Wibisono, Head of Hospitality Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Rully Habibie, serta direksi dan senior leaders Telkom Group, di Kantor Telkom Mataram, Rabu (3/11/2021).

BACA JUGA: Demi Harga Diri dan Posisi

Uji jaringan dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik yang berupa kabel bawah laut maupun radio IP.

Dalam sambutannya, Gubernur Zulkieflimansyah mengungkapkan apresiasinya, atas dukungan Telkom menghadirkan infrastruktur serta layanan ICT di Mandalika, sebagai tuan rumah World Superbike pada November 2021 dan Moto GP pada Maret 2022.

”Atas nama pemerintah Nusa Tenggara Barat, kami mengucapkan terima kasih kepada Telkom, yang telah memastikan apa yang diinginkan masyarakat bisa dinikmati dan disaksikan dengan cara yang luar biasa,” kata dia dalam keterangannya.

BACA JUGA: Dukungan Perez Pacu Semangat Verstappen

Mewakili Dewan Komisaris Telkom, Rizal Mallarangeng menyatakan, Telkom secara sungguh-sungguh telah mendukung dan menyiapkan infrastruktur backbone di Mandalika, sehingga semakin maju dan dikenal di kancah internasional, melalui even-even besar.

Hal itu seperti yang sebelumnya dilakukan PT Telkom pada gelaran PON XX/Papua yang baru lalu. ”Semoga NTB dapat menjadi Digital Province terdepan,” harap Rizal.

Herlan Wijanarko menambahkan, saat ini PT Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT beserta layanannya, secara sempurna, bekerja sama dengan ITDC Group.

BACA JUGA: USM Career Lakukan Pengembangan Aplikasi Tracer

”Terima kasih kepada ITDC Group, Pemprov NTB dan Pemerintah yang terus memberikan kepercayaan kepada Telkom, untuk mempersiapkan dan mengawal infrastruktur ICT pada pelaksanaan berbagai even besar negara,” imbuhnya.

Ada dua peran utama Telkom Group dalam mendukung digitalisasi di Kawasan Mandalika, yaitu sebagai penyedia infrastruktur ICT dan sebagai pendukung UMKM serta ekosistem di sekitar kawasan.

Untuk infrastruktur ICT, Telkom Group telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic, baik di lokasi even maupun ekosistem pendukungnya, hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps.

BACA JUGA: PLN UIK TJB Berikan Bantuan Kaki dan Tangan Prosthesis Bagi Penyandang Difabel

Dukungan ini disediakan di area Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue (MASIV), dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Sementara itu, terkait dengan dukungan bagi UMKM, Telkom Group menyediakan Point of Sales (PoS), bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage, serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika, dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps.

Dan demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan even di kawasan Mandalika, Telkom Group juga telah membentuk posko pengawalan di lokasi, dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional, hingga nasional.

”Dengan kolaborasi dan semangat untuk bersinergi, semoga kita bersama-sama dapat menyukseskan perhelatan even besar dunia di Mandalika ini, dan memberikan citra baik bagi Indonesia di mata internasional. Kami juga mendukung perkembangan ekonomi di Kawasan Mandalika,” tukas Herlan.

Riyan