SEMARANG– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan sosialisasi dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Organisasi Kader Posyandu di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak, pelaksanaan PKM baru-baru ini.

Tim pengabdian kepada masyarakat yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi yaitu Sulistyorini, SE, MM, Any setyarini, SE, MM dan Wahyu Puspitasari, SE, MM, serta melibatkan dua mahasiswa Fakultas Ekonomi yaitu Uswatun Chasanah dan Hermin Anggraini.

Menurut Any dampak dari PPKM kegiatan bulanan rutin yang dilakukan kader-kader posyandu di Desa Cabean menjadi vakum / tidak adanya kegiatan organisasi selama 6 bulan terakhir maka maksud serta tujuan tim pengabdian dari USM adalah guna meningkatkan motivasi organisasi dalam kegiatan kader posyandu, serta mengelola manajemen organisasi agar kegiatan posyandu bisa berjalan dengan baik dan akan berdampak pada peningkatan peningkatan kunjungan kader dan juga akan berdampak pada peningkata/ keaktifan ibu bayi balita dalam berkunjung ke posyandu.

Pelaksanaan kegiatan ini yang bertempat di Rumah Ketua kader PKM yaitu Ibu Sujinah di Desa Cabean Kecamatan Demak, Kabupaten Demak kegiatan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari kader membuktikan keingintahuan para kader dalam motivasi dan mengelola organisasi dengan baik, kader juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan.

“Sebaiknya kader-kader posyandu di Kelurahan Cabean untuk aktif kegiatan organisasi dengan menguatkan keeratan yang akan terjalin didalam organisasi dapat mencapai tujuan dan manfaat bersama” ungkap Any.

Manfaat dari organisasi adalah meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, dapat mencapai tujuan, menjadi motivasi dalam membangkitkan keinganan, mampu memecahkan masalah yang ada, memiliki rasa tnggung jawab yang tinggi.

Selaim itu ciri-ciri individu yang memiliki motivasi organisasi :1. Sikap menyatu dengan kegiatan kader, 2.Bertanggung jawab secara kreatif dan inovatif, 3.Semangat kerjasama, 4.Rasa memiliki, 5.keinginan umpan balik.

Untuk menjaga organisasi agar terjalin dengan baik tidak ada perselisihan, kegiatan organisasi kader posyandu harus memiliki karakter yang berwarna putih mengambarkan kemurnian, kesederhanaan, kesempurnaan, ungkap Any Setyarini, SE, MM salah satu Tim PKM USM.

Dalam program pengabdian ini mahasiswa berpartisipasi dalam mempersiapkan komponen” yang digunakan ketika kegiatan berlangsung yaitu dengan membagikan pertanyaan pre test dan post test dan menyiapkan dorpres bagi kader yang bisa menjawab pertanyaan dan yang aktif dalam kegiatan PKM berlangsung serta memberikan pengetahuan mengenai fungsi manajemen organisasi yang meliputi Perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), Kepegawaian (Staffing), Pengarahan (Directing), Motivasi (Motivating), Pelaksaan (Actuating), dan Pengawasan (Controling).

Kepada ibu-ibu kader Kelurahan Cabean dan Bidan Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak.

Saiful Hadi – USM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini