blank
Pelaksanaan sidang pleno pemilihan Ketua IPHI Kabupaten Banjarnegara, berlangsung di Aula Sasana Bhakti Praja, Setda Kabupaten Banjarnegara. Foto: dok/ist

BANJARNEGARA (SUARABARU.ID)– Musyawarah Daerah (Musda) V Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banjarnegara, memilih kembali H Sutedjo Slamet Utomo M Hum, sebagai ketua untuk periode 2021-2026.

Sekretaris I IPHI Jateng, Dr H Ahmad Tajuddin Arafat menjelaskan, Musda berlangsung di Aula Sasana Bhakti Praja, Setda Kabupaten Banjarnegara, belum lama ini.

Sejumlah agenda kegiatan IPHI dalam rangka mendukung progam pembangunan Pemkab Banjarnegara, telah disiapkan. Di antaranya, mengajak anggota IPHI membantu menggerakkan masyarakat dalam program vaksinasi dan penanganan pandemi covid-19, serta kegiatan sosial lainnya.

BACA JUGA: Nelayan Kota Tegal Keluhkan Kenaikan Harga Solar

”Di bidang kesehatan, IPHI mengembangkan RSI Banjarnegara serta sosialisasi secara intensif, program pengadaan Kartu IPHI, yang di antaranya bermanfaat sebagai kartu peduli kesehatan bagi anggota IPHI Banjarnegara,” kata Ahmad Tajuddin dalam keterangannya.

Selain itu, imbuhnya, di bidang ekonomi, IPHI mengajak seluruh anggotanya untuk menghidupkan kegiatan ekonomi di masa pandemi ini. Terlebih sejumlah anggotanya merupakan para pengusaha.

Sutedjo menambahkan, keluarga besar IPHI Banjarnegara memiliki potensi yang sangat besar, bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Potensi itu menurutnya, menjadi modal besar IPHI, dan harus dikembangkan dan diwujudkan dalam berbagai lini kehidupan masyarakat.

BACA JUGA: PSIW Wonosobo Kalah dari Persibas Banyumas

Hadir dalam Musda ini, Plh Bupati Banjarnegara H Syamsuddin, yang sekaligus membuka Musda secara resmi. Selain itu ada pula Ketua Pengurus Wilayah IPHI Jateng H Fery Firmawan PhD, Sekretaris I Dr H Ahmad Tajuddin Arafat, Ketua MUI Banjarnegara, Sekda dan para pimpinan Fokompimda Banjarnegara, serta pengurus cabang IPHI di tingkat kecamatan.

Pelaksana tugas harian Bupati Banjarnegara, H Syamsuddin, memberikan apresiasinya kepada IPHI Banjarnegara, yang selalu aktif membantu pemerintah dalam mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera. Dia mengharapkan, IPHI selalu solid dan terus bekerja sama dengan pemerintah.

Sementara itu, H Fery Firmawan, atas nama Ketua IPHI Jateng, menyatakan bersyukur atas terlaksananya Musda PD IPHI Kabupaten Banjarnegara ini. Menurut dia, semua berjalan dengan baik, dengan agenda pertanggungjawaban pengurus, pembahasan rencana program kerja dan pemilihan ketua.

”Inilah saat yang tepat PD IPHI Banjarnegara membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi di saat pandemi yang sudah mulai melandai. Ini juga sebagai wujud komitmen sosial, dan pelestarian haji kita sepanjang hayat,” terang Fery lagi.

Riyan