blank
Desa Ngargoretno menggelar pameran produk lokal, beberapa hari lalu. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Desa Ngargoretno terletak di Perbukitan Menoreh, wilayah Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. “Semua potensi Desa Ngargoretno mendukung pengembangan sektor pariwisata,” tutur salah satu penggerak wisata setempat, Sho’im, hari ini.

Sebagai salah satu bukti, Wisata Desa Ngargoretno, BUMDes Argo Inten dan pelaku UMKM Desa Ngargoretno menggelar pameran produk, Sabtu kemarin. “Upaya itu dilakukan sebagai bentuk motivasi dan keseriusan dalam mengembangkan semua potensi Desa Ngargoretno,” jelasnya.

Acara yang digelar di lokasi eduwisata Kandang Kang Im itu berlangsung meriah, dihadiri pejabat Kementrian Luar Negeri, dalam hal ini Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN, Julianto Situngkir, Direktur Kerjasama bidang Sosial Budaya ASEAN Anggraeni Widiastuti, serta Duta Muda ASEAN, Kintansari Adhyna Putri yang akrab disapa Mbak Kintan.

Menurut Sho’im, selain pameran produk juga berlangsung dialog dengan pelaku UMKM di Desa Ngargoretno. Kegiatan berlabel:
ASEAN Smart Village 2021 itu digelar secara offline dan online.

Kegiatan itu dilaksanakan secara unik, di kandang kambing yang merupakan lokasi eduwisata peternakan dan perah susu kambing Shoim Setam (Kang Im).

Menurut Sho’im, kegiatan itu sengaja ditempatkan di sana karena merupakan daya tarik wisata desa. Dengan harapan supaya para pejabat tinggi nasional bisa langsung melihat dan merasakan keunikan serta dinamika hidup di pedesaan. “Even sepertiĀ ini sangat penting dilaksanakan di desa agar warga desa tumbuh percaya diri, serta produk-produk desa mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Dia menambahkan, kegiatan itu terselenggara berkat dukungan dari BEM KM UGM, BUMDes Argo Inten Desa Ngargoretno dan Kementerian Luar Negeri.

Eko Priyono