blank
Ritual pelestarian mata air di Mbelik Watu Bobot , Batealit. (Foto :Kanal Budiarto)

JEPARA (SUAR5ABARU.ID) – Ada cara menarik yang dilakukan oleh ratusan seniman dari lereng Muria untuk menjaga  kelestarian alam. Seniman dan budayawan  dari Kabupaten Kudus, Pati dan Jepara ini  menggelar  acara budaya yang disebut Artsotika Muria #3 di Desa Batealit Jepara. Sebelumnya gelaran Artsotika Muria  telah dilaksanakan di Menawan Kudus dan Pati.

Acara budaya  yang dibuka dengan dengan kirab, penanaman pohon, dan happening art Ngendhiti Wit ini   juga melibatkan masyarakat dan pemerintah desa setempat. Juga pegiat lingkungan, pegiat literasi, komunitas peduli sampah, pegiat sejarah dan asosiasi Desa Wisata.

blank
Kirab budaya dalam Arsotika Muria untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat pada alam ( Foto : Video Ronny )

Menurut Ketua Panitia  Artsotika Muria #3 Sarjono, melalui acara yang  mengangkat tema “Urub Urip Mbalik Mbelik,” para seniman dan budayawan ingin bersama-sama masyarakat melestarikan alam. “Kali ini kami memilih merawat sumber mata air atau yang juga dikenal dengan istilah mbelik. Sebab mata air itu telah menghidupi kita,” ujar Sarjono.

blank
Penanaman pohon untuk melestarikan alam oleh Petinggi Batealit Ali Asikin ( Foto : Aminan Basyarie )

Mata air yang lestari dan terjaga bukan hanya berfungsi untuk pertanian, tetapi air juga menjaga kelestarian lingkungan alam, merawat pohon-pohon, hewan dan juga tempat ikan berkembang biak. “Jika harmoni itu bisa terjaga dan terpelihara, maka alam akan memberikan kita kehidupan,” ungkap Sarjono.

blank
Sarjono, Ketua Panitia Arsotika Muria bersama anak-anak pengisi kirab budaya untuk tubuhkan kecintaan masyarakat pada alam

Menurut Sarjono, pemilihan Mbelik Watu Bobot  yang merupakan salah satu dari puluhan mbelik di Jepara dengan alasan mbelik itu sejak dulu menjadi sumber kehidupan masyarakat setempat. “Bahkan dulu masyarakat biasa mengambil air di mbelik itu untuk dikonsumsi, disamping menjadi sumber pengairan bagi para petani untuk sawahnya.

blank
Agenda Arsotika Muria

Harapan kami, kegiatan di Mbelik Watu Bobot Batealit ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat di Jepara yang di desa nya terdapat mata air. “Mario bersama menjaga dan melestarikan mata air, sebab dari situ kita dapat menjaga kelestarian alam yang menghidupi kita,” ujar Sarjono.

Pagelaran budaya  Artsotika Muria #3 ini berlangsung mulai 29 Oktober – 21 November 2021 mendatang. Ada beragam kegiatan kesenian dan kebudayaan yang digelar.

 Hadepe / Alvaros