blank
Ganjar menerima topi rajut dari Mama Wati asal Papua di Hari Ulang Tahunnya yang ke-53. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Terharu. Satu kata itu yang keluar dari Ganjar Pranowo. Di hari ulang tahunnya yang ke-53, Kamis (28/10/2021), dia mendapat beberapa kejutan yang tak terhingga.

Tiba-tiba ada seorang mama Papua yang datang ke rumah dinasnya di Puri Gedeh. Datang sendirian, mama bernama Mama Wati itu ingin bertemu Gubernur Jawa Tengah itu secara langsung, dan memberikan kado istimewa.

Sebuah topi dan masker rajut berwarna merah putih dia berikan pada Ganjar. Topi dan masker itu merupakan hasil karyanya sendiri. Dia juga memberikan noken dan batik khas Papua.

BACA JUGA: Kapolsek Kebonagung Polres Demak Diganti Panit Ditreskrimum Polda Jateng

”Karena saya kasih hadiah itu saya punya doa. Pak Ganjar itu perhatian sama masyarakat kecil. Saya kasih hadiah kerja tangan saya sendiri. Itu masker, topi dan noken asli rajutan saya. Saya dengar Pak Ganjar ulang tahun, jadi saya langsung ke sini untuk kasih hadiah. Semoga Pak Ganjar menjadi masa depan Indonesia,” kata Mama Wati, usai bertemu Ganjar.

Kejutan tak berhenti sampai di sana. Usai mama Wati selesai, silih berganti sejumlah tokoh adat Nusantara datang menemui Ganjar. Mereka datang dengan membawakan kado istimewa berupa baju adat dari daerahnya masing-masing.

Ada tokoh adat dari Lampung, Sulawesi Selatan, Banten dan NTT yang datang menemui Ganjar. Satu persatu, mereka menyerahkan kado baju adat kepada Ganjar secara langsung. Ganjar begitu sumringah, saat menerima dan memakainya.

BACA JUGA: Menag Gus Yaqut Cium Tangan Neneh Hasanah, Pengajar di Madrasah Selama 68 Tahun

”Kami menilai Pak Ganjar Pranowo itu pemimpin yang bersahaja dan dicintai rakyat. Kami datang jauh-jauh dari Lampung untuk bertemu dan memberikan kado baju adat Lampung pada beliau,” kata tokoh Lampung sekaligus Ketua Gema Masyarakat Lokal (GML), Rizal Anwar.

Dia menilai, Ganjar memiliki rasa cinta pada adat, tradisi dan kearifan lokal. ”Mudah-mudahan Pak Ganjar mau memakai baju adat kami, dan menjadi pemimpin yang tetap menjaga adat budaya dan tradisi Indonesia,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Paulus dan Estu Graha, tokoh adat dari Flores dan Sulawesi Selatan. Keduanya mengatakan, kado pakaian adat yang diberikan sebagai wujud cinta sekaligus apresiasi pada Ganjar.

BACA JUGA: Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, SDN 1 Banyuadem Dikunjungi Satgas Covid

”Apa yang dilakukan Pak Ganjar dengan memakai pakaian adat Nusantara ini adalah nilai-nilai kebhinekaan. Beliau sangat menghargai maha karya nenek moyang dengan memakai pakaian adat warisan adiluhung itu dari seluruh daerah di Indonesia. Beliau sangat peduli pada adat dan tradisi Nusantara. Itulah alasan kami memberikan kado pakaian adat kami kepada beliau,” ucap Paulus.

Sementara itu, Ganjar sendiri menyatakan terharu dengan kejutan yang dia dapatkan. Bertepatan di hari ulang tahunnya, dia mendapat kado istimewa dari sejumlah tokoh adat Nusantara.

”Saya terharu, Mahgrib-mahgrib mereka datang dan memberikan baju adat. Ada dari NTT, Sulawesi Selatan, Lampung dan Banten. Kata mereka, mereka sering lihat saya pakai baju adat, sehingga mereka kepingin saya pakai baju adat mereka,” katanya.

BACA JUGA: Resep Jajanan: Sempolan Ayam Rasa Udang

Ganjar tak menyangka, para tokoh itu datang jauh-jauh dari daerahnya masing-masing, untuk memberikan kado itu. Padahal dia tidak kenal dengan mereka.

”Memang agak ramai di medsos hari ini, saya pikir ramai perayaan Sumpah Pemuda, ternyata Sumpah Pemuda dan ulang tahun saya katanya. Padahal saya sudah tua, nggak pernah ulang tahun-ulang tahunan. Ya menyenangkan buat saya, ada banyak saudara dari tempat lain bisa datang ke sini. Surprise sih buat saya,” pungkasnya.

Peringatan hari ulang tahun Ganjar ternyata juga jadi pembicaraan warganet. Ucapan demi ucapan terus diberikan netizen ke orang nomor satu di Jateng itu.

BACA JUGA: Dandim dan Kapolres Wonogiri Pantau Pelaksanaan PTM

Di Twitter misalnya, tagar #HUT53Ganjar menggema sejak pagi. Selain netizen, sejumlah tokoh politik dan artis juga beramai-ramai memberikan ucapan selamat pada Ganjar.

”Sugeng ambal warsa pak @ganjarpranowo,” cuit Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dengan menyematkan video saat Ganjar menerima jersey darinya.

Ada juga grup band Slank, yang menyampaikan ucapan ulang tahun pada Ganjar melalui video. Selain itu, sederet artis dan publik figur juga mengucapkan hal serupa. Di antaranya Desta Mahendra, Nirina Zubir, Najwa Sihab, Roy Marten, dan Gading Marten.

Riyan