blank
Vaksinasi di Puskesmas Salaman, Kabupaten Magelang, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Anggota Koramil dan Polsek di wilayah Magelang proaktif mendampingi warga yang melakukan vaksinasi. Tak lain untuk memberikan pemahaman kesadaran dan keamanan warga.

Anggota Koramil 20/Salaman yang dipimpin Danramil Lettu Cba Sugiyono bersama beberapa anggota Polsek yang dipimpin Kapolsek AKP Marsodik melaksanakan pengamanan kegiatan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Salaman 1, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Kamis (28/10).

Danramil Salaman, Lettu Cba Sugiyono, menerangkan bahwa vaksinasi hari itu menyasar 300 orang warga usia 18 tahun ke atas. “Sebelum penyuntikan vaksin melalui beberapa tahapan pendaftaran, pemeriksaan screening dan penyuntikan vaksin. “Terakhir adalah observasi selama 30 menit,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Salaman AKP Marsodik menjelaskan, pengamanan dalam rangka kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 itu bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

“Tidak bosan-bosannya kami imbau warga untuk tetap disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 5M,” imbuh Kapolsek.

Kepala Puskesmas Salaman 1, dr Hery,menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Koramil dan Polsek setempat atas bantuan selama kegiatan vaksinasi, sehingga pelaksanaan vaksin massal bisa berjalan dengan aman dan lancar. “Vaksin Covid-19 ini akan dilanjutkan hari berikutnya dengan sasaran 300 orang usia 18 tahun. Kami tetap mengharap bantuan pengawalan dari Koramil dan Polsek Salaman,” harapnya.

Keterlibatan aparat dalam pemberian vaksin juga dilakukan di wilayah Pakis, Kabupaten Magelang, kemarin. Dalam rangka mendukung kegiatan serbuan vaksinasi dan memutus penularan Covid-19, anggota Babinsa Koramil 08/Pakis, Kodim 0705/Magelang, Sertu Martono memberikan pendampingan vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk warga binaannya. Dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Desa Rejosari, Kecamatan Pakis, Kamis (28/10).

Sebelum pelaksanaan vaksin, seluruh peserta terlebih dahulu melaksanakan beberapa tahapan. Yaitu mengisi pendaftaran, cek tensi dan suhu badan oleh petugas kesehatan. Setelah dinyatakan memenuhi syarat dan sehat baru dilaksanakan vaksinasi. Setelah melaksanakan vaksin, peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya reaksi vaksin.

Kehadiran Babinsa dalam pendampingan vaksinasi itu bertujuan agar kegiatan berjalan aman dan tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi. Sertu Martono berpesan kepada warga penerima vaksin, meski sudah divaksin diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.

“Tetap disiplin dalam penerapan prokes seperti mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan,” tuturnya.

Eko Priyono