Penyemprotan sarang nyamuk dilakukan di wilayah Borobudur, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-
Dengan seringnya turun hujan belakangan ini, mulai ada genangan air. Untuk mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk, dilakukan foging atau penyemprotan sarang nyamuk di Dusun Malangan, Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, hari ini Kamis (28/10).

Serda Rifa’i, Babinsa Koramil 19/Borobudur bersama Bhabinkamtibmas (Polsek) mendampingi petugas Dinas Kesehatan Kecamatan Borobudur melaksanakan foging di Dusun Malangan, hari ini.

Serda Rifa’i mengatakan, kegiatan foging dilakukan untuk mengantisipasi potensi munculnya wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) akibat adanya genangan air di lokasi pemukiman warga. “Tujuan foging tersebut untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah, mengingat sekarang sudah masuk musim penghujan, banyak genangan air tempat bersarangnya nyamuk penyebab DBD,” katanya.

Dia juga mengimbau warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama selalu membersihkan bak air di kamar mandi, dan tidak membiarkan barang bekas atau sampah plastik maupun kaleng yang dapat menampung air hujan. Dengan demikian tidak dapat digunakan untuk sarang nyamuk.

“Kami minta warga untuk melaksanakan 5 M, yaitu menguras, menutup, mengganti, mengubur, menaburkan,” imbuh Rifa’i.

Terpisah, Danramil 19/Borobudur Kapten Arm Sutikno mendukung kegiatan Babinsa Ngargogondo Serda Rifa’i bersama Babinkamtibmas dan pegawai Puskesmas Borobudur melaksanakan foging di wilayah binaannya.

“Berbagai aktivitas sudah dilakukan oleh Koramil 19/Borobudur dengan memberikan pelayanan untuk menjaga keamanan wilayah dan kenyamanan, termasuk kegiatan foging. Harapannya warga Desa Ngargogondo terbebas dari penyakit demam berdarah,” katanya.

Eko Priyono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini