blank
Ratusan Napi dan petugas Lapas Semarang tengah mengikuti kegiatan Maulid Nabi. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443H/2021M, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar Pengajian Akbar dan Sholawat, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung di aula kunjungan Joglo Ageng Lapas Semarang itu mengangkat tema ‘Meneladani Rasulullah SAW, Membentuk Pribadi dengan Akhlaqul Karimah’, sekaligus dilakukan doa bersama bermunajat kepada Allah SWT.

Kegiatan diawali dengan bersholawat Nadhom Islam Kaffah yang dipimpin oleh narapidana pemenang juara lomba dan diikuti oleh seluruh jamaah pengajian.

Kalapas Semarang, Supriyanto mengatakan, selain mengadakan pengajian akbar, Lapas Semarang juga menyelenggarakan kegiatan perlombaan diantaranya lomba Adzan dan Iqomah, Murotal Al-Quran, Hafalan Asmaul Husna dan lomba kreasi Nadhom Islam Kaffah.

“Dengan peringatan Maulid Nabi diharapkan tidak hanya seremonial belaka, namun kita semua dapat mencontoh sifat-sifat Akhlaqul Karimah dari Nabi Muhammad SAW,” kata Supriyanto.

“Jangan berkecil hati, walau menjalani pidana di Lapas, teruslah berupaya untuk memperbaiki diri dan selalu meningkatkan ibadah, karena belum tentu orang diluar sana imannya lebih baik dari pada kita yang ada di Lapas,” ungkapnya.

Sementara Ustadz Ali Mahrus dalam taudziahnya menyampaikan, dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan bisa meneladani akhlaq beliau, karena rasa cinta yang mendalam.

“Rasa gembira juga bisa menyebabkan bertambahnya rasa iman kepada Rasulullah SAW dan semakin senang menjalankan ajaran agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW, yakni agama Islam,” tutur ustadz dari Jepara tersebut.

“Teguhkan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Kecintaan kepada utusan Allah SWT harus melampaui kecintaan kita kepada segalanya. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kecintaan kita pada Nabi Muhammad SAW, Maulid Nabi menjadi salah satu pengingat kita untuk selalu memegang teguh prinsip tersebut,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pemberian hadiah kepada para pemenang perlombaan, yang diselingi penampilan Grup Alpasis Qasidah WBP Lapas Semarang.

Ning