ISI Surakarta, menggelar pameran seni nasional bertajuk Lenting Lentik.

SOLO (SUARABARU.ID) – Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, menggelar pameran seni nasional bertajuk ‘Lentilk Lenting.’

Rektor ISI Surakarta Dr I Nyoman Sukerna SKar, MHum, berkenan membuka pameran ini dengan seremonial pemotongan pita. Pameran berlangsung di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta.

Dosen ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, semalam, menginformasikan, pertunjukan fashion show yang menampilkan karya Prodi Vokasi Desain Mode Batik FSRD ISI Surakarta, ikut memeriahkan upacara pembukaan.

Peserta pameran nasional ini, datang dari berbagai Perguruan Tinggi di Tanah Air. Yakni dari ISI Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), ISBI Aceh, UPN Veteran Jawa Timur, ISI Denpasar, UNPAS Bandung dan UNP Padang, disamping tuan rumah ISI Surakarta.

Pameran yang terbuka untuk umum dengan tetap mematuhi Prokes ini, berlangsung mulai Tanggal 15 sampai dengan 18 Oktober 2021. Menampilkan 90-an karya seni lukis, patung, desain produk, ilustrasi, poster, kriya, dan beragam karya seni lainnya.

Sebagai program kampus, pameran ini bertujuan meningkatkan kualitas karya internal, juga berupaya menjadikan event ini terkenal di masyarakat luas.

Karya Terpilih

Karya mahasiswa terbaik yang terpilih dari 8 delapan program studi di FSRD ISI Surakarta, diikutsertakan dalam pameran nasional tersebut.

Juga diikutsertakan karya internal dosen FSRD ISI Surakarta, untuk ikut bersanding dengan peserta lain dari berbagai PT di Tanah Air.

Beragam jenis karya seni tersebut terpajang di arena pameran, menciptakan suasana berbeda dari biasanya. Karena penyajiannya terpadu dengan berbagai macam jenis karya yang berbeda-beda dari beragam karakter.

Yang lay out pengaturan penyajiannya, terkolaborasikan menjadi bentuk penataan yang menyatu, dalam satu kesatuan yang utuh dan unik.

Ketua pelaksana pameran, Dr ‘Cia’ Syamsiar, SPd, MSn, menjelaskan, pameran ini bertujuan untuk mengangkat reputasi FSRD ISI Surakarta ke jenjang tingkat nasional.

”Dengan mengundang karya peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Juga untuk meningkatkan jejaring antar-civitas akademik,” jelasnya.

Melalui pameran nasional ini, panitia mengharapkan munculnya kerja-kerja kolaboratif sebagai bentuk inisiasi masing-masing Prodi di FSRD ISI Surakarta.

Utamanya dalam upaya membangun jejaring kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi seni di Tanah Air, dan dengan masyarakat sebagai publik apresian.

Bambang Pur 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here