blank
Pemain hoki Sumut (putih), menggiring bola dibayangi empat pemain Jateng (biru), pada laga perebutan medali perunggu PON XX/Papua di Stadion Hockey Indoor Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (10/10/2021). Foto: pbponxxpapua/satrio nusantoro)

SENTANI (SUARABARU.ID)– Tim Hoki Putri Jateng hanya memperoleh medali perunggu pada penyelenggaraan PON XX/Papua, setelah menang besar 7-1 atas Sumatera Utara, pada laga perebutan tempat ketiga, yang digelar di Stadion Indoor Hockey Doyo Baru, Minggu (10/10/2021).

Raihan medali ini sama yang didapat saat gelaran PON XIX/Jabar 2016 lalu. Meski mengusung impian untuk bisa membawa pulang medali emas, namun posisi ketiga sudah dianggap bagus.

Ketua Pengprov Federasi Hockey Indonesia (FHI), Uen Hartiwan menyebutkan, pihaknya bersyukur atas perolehan perunggu yang didapat timnya. Dengan persiapan yang mepet ditambah berbagai kendala pandemi covid-19, hasil ini sudah dinilai luar biasa. Selama pelatda, tim hoki putra-putri Jateng hanya melakukan dua kali uji coba.

BACA JUGA: Timnas Inggris Libas Andorra Lima Gol Tanpa Balas

”Sebenarnya kami menginginkan medali emas di hoki putri ini, mengingat saat uji coba menang atas tim-tim besar seperti DKI Jakarta. Sayang di ajang PON kali ini kita belum beruntung,” kata Uen dalam keterangannya usai pertandingan.

Menurut dia, peluang masuk di perebutan medali emas, sebenarnya saat laga jumpa DKI Jakarta. Sayang, di laga itu tim Jateng terbawa permainan tim lawan, sehingga tidak bisa mengembangkan permainannya. Skor akhir di laga ini berkesudahan 0-0.

”Dari enam tim yang berlaga di cabang hoki putri, Jateng sebenarnya berpeluang meraih emas, bila berkaca dari beberapa hasil uji coba. Tapi kami bersyukur pemain-pemain kami masih berusia muda, dan masih bisa diharapkan untuk melanjutkan kirahnya di PON 2024 mendatang,” tukas Uen.

Sampai berita ini diturunkan, masih dilangsungkan partai final di bagian putri yang mempertemukan Jabar lawan DKI Jakarta. Sedangkan di bagian putra, DKI Jakarta jumpa tuan rumah Papua. Untuk tim hoki putra Jateng, sudah tersisih di babak awal.

Riyan