blank
Mahasiswa KKN Unimma berfoto bersama anggota PKK Mertoyudan, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melakukan kuliah kerja nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di RW 01, Desa Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Pengabdian masyarakat itu dilakukan selama tiga puluh hari dan sekarang masih berlangsung.

Kegiatan itu dilakukan bersama ibu-ibu PKK dan kelompok wanita tani (KWT) sebagai salah satu kegiatan ketahanan pangan di saat pandemi Covid-19. Mengajarkan tentang
hidroponik dan website bank sayur.

Diketuai dosen Dr Barkah Susanto SE MSc Ak dan lima anggota dari berbagai fakultas di Unimma yang terdiri Retno Bagus Sayekti, Woro Ayuda Murti, Fitri Kusumawardani, Yanuar Arya Hidayat, dan Putri Utami.

Karena lingkungan di RW 01 merupakan perumahan, menyebabkan kurangnya lahan pertanian lantaran lingkungannya yang padat. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kelompok KKN GNRM Unimma melakukan pendampingan kepada ibu-ibu PKK dan KWT Desa Kalinegoro khususnya di RW 01.

Dosen pembimbing lapangan, Dr Barkah Susanto SE MSc Ak, menjelaskan, pendampingan yang dilakukan terutama dalam pembuatan hidroponik yang berfokus penanaman sayuran dan pengembangan website bank sayur.
Hidroponik itu berbeda dari biasanya, memanfaatkan kolam yang ada di bawah kerangka hidroponik untuk ternak lele yang kotorannya bisa dijadikan sebagai pupuk. Lalu agar menghemat listrik, di setiap ujung dari pipa peralon diberi sekat agar air tidak benar-benar habis. “Watter pump hanya dihidupkan delapan jam sehari,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, diharapkan dengan adanya kontribusi dari kegiatan KKN GNRM itu dalam membantu pembuatan hidroponik, sehingga masyarakat di lingkungan tersebut lebih antusias untuk ke depannya dalam kegiatan tersebut. Terlebih lagi untuk hasil panen sayuran tersebut dapat dijual melalui website bank sayur yang telah disediakan. Kegiatan KKN GNRM itu dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan, praktik dan pendampingan, serta monitoring evaluasi.
“Program KKN GNRM ini dapat memberikan banyak pelajaran, pengalaman, dan wawasan bagi warga, juga bagi mahasiswa Unimma yang diperoleh di luar kampus,” jelas Dr Barkah Susanto.

Praktik dan pendampingan KKN GNRM itu sudah berlangsung sejak 10 September 2021 dan akan berakhir pada 10 Oktober 2021.

Eko Priyono