blank
Personel Tim SAR Gabungan dan warga menemukan nelayan Sofyan Sauri di Pantai Desa Tlogodepok, Kecamatan Mirit, Kebumen, Senin 4/10 Pukul 05.30.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Tim SAR Gabungan BPBD Kebumen dan masyarakat yang melakukan penyisiran  dua nelayan hilang terseret ombak di Pantai Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal,  berhasil menemukan seorang korban, Sofyan Sauri (55).

Korban ditemukan pada Senin (4/10) sekitar Pukul 05.30 di Pantai Desa Tlogodepok, Kecamatan Mirit, atau sekitar 3 kilometer arah timur dari lokasi kejadian.  Lokasi kejadian dua nelayan penjaring ikan itu terseret ombak di Pantai Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal,  pada Sabtu (2/10).

Dwi Purwanto, seorang sukarelawan menyatakan, dari penyisiran Tim SAR dan warga pagi itu telah menemukan Sofyan Sauri. Posisi mayat korban ditemukan di pantai Tlogodepok  atau 3 kilometer arah timur.

Secara terpisah Heri Purwoto, dari Pusdalops PB BPBD Kebumen mengungkapkan, Tim SAR dan warga menemukan korban atas nama Sofyan Sauri, pada Senin tanggal 4 Oktober 2021. Yakni pada pencarian hari ke-3, sekitar Pukul 05.30 WIB.

Korban ditemukan di Pantai Tlogodepok, Kecamatan Mirit, dengan posisi 3 kilometer ke arah timur dari lokasi kejadian. Kondisi korban meninggal dunia dan langsung dievakuasi serta diantarkan ke rumah duka.

Dengan ditemukan 1 korban tersebut maka Tim SAR Gabungan masih melanjutkan pencarian 1 korban lagi,atas nama Mugiono yang juga nelayan.

Sebelumnya, tiga nelayan penjaring ikan itu terseret ombak saat melepas jaring ke tengah laut di Pantai Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (2/10) sekitar Pukul  10.30WIB.

Korban hilang tersapu ombak atas nama Sofyan Sauri (55) alamat RT 001/RW 003 Desa Sumberjati, Kecamatan  Ambal. Korban kedua  Mugiono (32), alamat  RT 003/RW 004 Desa Sumberjati,  Kecamatan Ambal .

Korban selamat atas nama Jumiko (43), nelayan yang juga warga Desa Sumberjati. Sejak itu pencarian melibatkan banyak sukarelawan mulai BPBD Kebumn, Tim SAR Gabungan dan didukung Polsek Ambal dan Koramil Ambal.

Menurut Heri Purwoto saat ini Tm SAR Gabungan melanjutkan pencarian korban atas nama Mugiono. Pencarian menyusuri kawasan Pantai Selatan Kebumen, perbatasan Ambal-Mirit serta mendirikan posko di tepi pantai.

Upaya pencarian melibatkan sukarelawan BASARNAS Cilacap,  BPBD Kebumen, Polsek Ambak Koramil Ambal. Selanjutnya Pemdes Sumberjari, SAR Tunas Kelapa, ORARI, PMI, Jack Track, Bagana, RAPI, MDMC, Ubaloka, serta dibantu masyarakat setempat.

Komper Wardopo