blank
Calon anggota Pramuka Saka Wanabakti Randublatung keliling hutan Randublatung, sampai finish diguyur segayung air oleh Adm Perhutani. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Bertepatan dengan peringatan hari kesaktian Pancasila, Saka Wanabakti Pangkalan Perhutani KPH Randublatung melantik 30 orang anggota baru di halaman sanggar bhakti Kamis (01/10/2021).

Hadir dalam acara tersebut Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto selaku ketua Majelis Pembimbinga Saka, Agus Kusnandar Waka Adm Wilayah Utara selaku Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Randublatung, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Randublatung Lilik Sukahar, Pembina Gugus Depan SMA Negeri Randublatung Gunawan SPD, dan segenap Pimpinan , Pamong serta Instruktur saka Wanabakti Randublatung.

Administratur Perhutani Randublatung, Dewanto menjelaskan bahwa sebelum mengikuti pelantikan, para calon anggota Saka Wanabakti Pangkalan Perhutani Randublatung harus mengikuti serangkaian prosesi adat yang ada di Saka Wanabakti Randublatung.

Rangkaian kegiatan itu di antaranya melakukan penjelajahan hutan minimal sejauh 20 km yang dilakukan malam hari, penyucian diri, dan penanaman jiwa patriot dan cinta tanah air, dan itu telah dilaksanakan oleh para calon anggota dengan melakukan penjelajahan hutan di wilayah hutan Randublatung.

Kegiatan pramuka dilaksanakan start dari Sanggar Bakti pukul 19.30 WIB  finis kembali di tempat yang sama pukul 03.00 wib dan langsung dilakukan pelantikan oleh Ketua Pimpinan Saka. Hal tersebut dilakukan untuk menanamkan rasa bangga dengan badge Saka yang di perolehnya dengan penuh perjuangan.

“Sehingga para anggota Saka Wanabakti tersebut akan bertanggungjawab apa yang menjadi tanggung jawabnya,” jelas Dewanto.

Lebih lanjut, Administratur Perhutani Randublatung menyampaikan selamat datang kepada para anggota baru yang baru di lantik, selamat bergabung di  saka Wanabakti Randublatung.

“Adik-adik nanti akan belajar banyak tentang kehutanan,  yang dalam latihan rutin nanti akan dibimbing oleh kakak–kakak instruktur dan pamong saka. Untuk mendalami Empat Krida yang ada di Saka Wanabakti yaitu  Krida Tata Wana, Bina Wana, Guna Wana,  Reksa Wana yang semua kegiatanya sangat menarik, mengasikan dan penuh tantangan sesuai dengan selera generasi muda,“  ujar Dewanto.

Sementara itu, Isniana Dewi Puspita (17) salah satu anggota baru yang berasal dari Gugus Depan SMA Negeri Randublatung mengungkapkan kegembiraanya Bisa di lantik menjadi anggota Saka Wanabakti Randublatung.

“Saya Merasa bangga bisa masuk dan dilantik menjadi anggota Saka Wanabakti Randublatung, karena tidak mudah untuk bisa memenuhi syarat dan bisa melewati adat yang ada, dan ini saya bisa melewatinya, saya tertarik dengan saka wanabakti karena kegiatanya sangat menantang dan berhubungan alam dan hutan,”  ungkap Isniana.

Kudnadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini