blank
Aries Susanti. Foto: dok/ist

TIMIKA (SUARABARU.ID)– Cabor panjat tebing kembali menyumbang tiga medali perunggu, pada pertandingan di venue Panjat Tebing SP2 Poros SP5, Timika, Jumat (1/10/2021).

Tiga medali perunggu disumbangkan Kiromal Katibin di nomor Speed World Record (WR) Perorangan Putra, Aries Susanti Rahayu di nomor Speed World Record (WR) Perorangan Putri, dan di nomor Beregu Boulder Tim Putra melalui Muhammad Marsudin, Mohammad Muamar Izadi, Sholikin, dan Kiromal Katibin.

Manajer Tim Panjat Tebing Jateng, Purwandi Ipinx mengakui, target medali emas hari ini meleset dari perkiraan. Andalan medali emas dari Aries Susanti dan Katibin pun tidak terpenuhi.

BACA JUGA: Zulfikar Sumbang Perak, Abigail Raih Perunggu di Cabor Sepatu Roda

”Di empat besar, Aries terpeleset di awal pertandingan saat berada di Jalur A, ini yang mempengaruhi pada hasil akhir pertandingan,” terang Purwandi, saat dihubungi usai pertandingan.

Di nomor Speed WR Putri, medali emas diraih Desak Made (Bali) dengan catatan waktu 7,001 detik. Sedangkan Rajiah Sallsabillah (Banten) harus puas di posisi kedua dengan catatan waktu 8,151 detik, dan berhak atas medali perak. Ada pun Aries Susanti Rahayu, ada di peringkat ketiga dengan catatan waktu 7,251 detik.

Kejadian serupa juga dialami Kiromal Katibin, saat berjuang di empat besar. Katibin juga mengalami hal yang sama, terpeleset di Jalur A. Menurut Purwandi, secara kualitas masing-masing atlet memiliki kans yang sama 50-50.

BACA JUGA: Berani Ajak Ganjar Nari Burure, Bocah Papua Ini Langsung Dihadiahi Sepeda

Medali emas diraih rekan Katibin di Timnas, Vedriq Leonardo (Kalbar), Raharjati Nusyamsa (Jabar) meraih medali perak dan Katibin di peringkat ketiga dengan perunggu.

Pada perebutan medali perunggu, Kiromal Katibin unggul tipis atas Aspar Jaelolo (DKI Jakarta).

Sementara itu, perunggu ketiga hari ini dipersembahkan kwartet Beregu Boulder Tim Putra, melalui Muhammad Marsudin, Mohammad Muamar Izadi, Sholikin, dan Kiromal Katibin.

BACA JUGA: M. Latifun, ST, MT Terpilih Kembali Secara Aklamasi Pimpin Partai Demokrat Jepara 2021 – 2026

Medali emas diraih tim Jatim, yang menurunkan Khoirul Anam, Fatchur Roji, Aan Aviansyah dan Moch Salim. Untuk medali perak diraih Kaltim yang diperkuat Michael Owen Parhorosan Siburian, Pangeran Septo, Jamal Al Hadad, dan Angga Cahya.

”Walaupun tidak sesuai dengan target medali emas hari ini, kami bersyukur bisa mempersembahkan medali. Peluang medali emas masih terbuka di nomor speed relay putra putri pada Rabu-Kamis (6-7/10/2021),” terang Purwandi.

Muhammad Marsudin sendiri mengaku bersyukur, bisa menyumbangkan medali perunggu bagi kontingen Jateng. Sebelumnya, Marsudin sudah menyumbangkan medali perak di nomor Lead Putra.

”Sebenarnya persaingan sangat ketat. Alhamdulillah kita bisa meraih medali perunggu,” tukas Marsudin.

Riyan