Salah satu siswa menerima beasiswa dari Badan Wakaf Tunai Pergunu Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Badan Wakaf Tunai Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Wonosobo Jawa Tengah mentasyarufkan beasiswa bagi siswa-siswi SD-SMA dan mahasiswa sejumlah Rp 39.600.000 di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda), setempat, Minggu (26/9).

Ketua Badan Wakaf Tunai Pergunu Wonosobo Musofa, Senin (27/9), mengatakan pentasyarufan beasiswa terbagi dua jenis, yakni pertama beasiswa permanen dan temporer.

“Beasiswa permanen merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi siswa-siswi atau mahasiswa dari keluarga kurang mampu selama mereka menempuh pendidikan di SD-SMA dan perguruan tinggi,” katanya.

Adapun jumlah yang diterimakan oleh siswa-siswi SD-SMA sejumlah Rp 150.000 per- bulan dan diberikan setiap 6 bulan sekali dengan total sebesar Rp 900.000. Sedang bagi mahasiswa mendapat Rp 250.000 per-bulan atau Rp 1.500.000 setiap 6 bulan sekali.

Sumber Dana

Penerima beasiswa foto bersama pengurus Pergunu Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

“Beasiswa temporer merupakan beasiswa yang diberikan satu tahun sekali melalui sekolah atau instansi mitra wakaf tunai Pergunu. Jenjang SD-SMP sebesar Rp 250.000 dan jenjang SMA sebesar Rp 350.000,” jelas pria yang juga Kepala Dinas Arpusda Wonosobo itu.

Beasiswa jenis permanen pada kali ini, tambah dia, diperuntukan bagi dua siswa SMA dan tiga mahasiswa. Sedangkan untuk beasiswa temporer yaitu untuk 110 siswa SD-SMA yang ada di Wonosobo. Beasiswa diberikan untuk meringankan beban siswa dan mahasiswa.

Ketua Pengurus Cabang Pergunu Wonosobo M Arifin menambahkan beasiswa tersebut sebagai stimulus agar para siswa dan mahasiswa lebih semangat dalam belajar. Beasiswa merupakan wujud rasa senang Pergunu karena anak-anak terus semangat dalam mencari ilmu.

“Donatur beasiswa wakaf tunai berasal dari berbagai kalangan. Baik instansi, sekolah, maupun perorangan.
Kami akan terus berupaya menjaring donatur-donatur lain agar manfaat beasiswa ini lebih luas dan merata lagi,” tuturnya.

Muharno Zarka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini