blank
Isyfa Fuhrotun Nadhifah, S.E., M.Si., dosen Unisnu Jepara yang menjadi narasumber pelatihan di Dongos.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk meningkatkan pemahaman para pelaku usaha kecil di Desa Dongos tentang laporan keuangan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) kelompok 19 telah melakukan pelatihan pengelolaan keuangan di industri rumahan.

Para mahasiswa ini terdiri dari Nur Ainiyatuz Zulfa dari prodi Manajemen, Yeni Eka Safitri dari prodi Manajemen, Norotus Sa’diah dari prodi Akuntansi, Siti Afifah dari prodi Akuntansi, dan Faridatun Ni’mah dari Prodi Akuntansi. Mereka didampingi  dosen pembimbing lapangan  Mahfudlah Fajrie, S.Sos.I., M.S.I.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri, Isyfa Fuhrotun Nadhifah, S.E., M.Si., seorang akademisi yang  ahli di bidang laporan keuangan yang juga adalah dosen UNISNU Jepara. Pelatihan ini dihadiri oleh beberapa mitra UMKM BUMdes Cemara Café, UMKM Keripik, UMKM Sembako, serta mahasiswa KKN Unisnu Jepara.

blank
Tim KKN Kelompok 19 yang melakukan pengabdian di Dongos

Isyfa Fuhrotun Nadhifah, S.E., M.Si., menyampaikan cara  membuat laporan keuangan yang mudah bagi UMKM yang baru merintis usaha atau sudah lama merintis usaha  mulai dari mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran pada saat melakukan produksi. “Tujuannya untuk mengetahui laba ataupun rugi yang dihasilkan selama proses produksi berlangsung dalam jangka waktu tertentu,”jelasnya.

Sementara perwakilan dari M.Soleh, Kepala Desa Dongos menyampaikan harapannya terhadap kagiatan pelatihan tersebut agar dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM kedepannya dan para pelaku UMKM bisa mengembangkan laporan keuangan yang telah diajarkan dalam pelatihan laporan keuangan yang diadakan mahasiswa KKN Kelompok 19 UNISNU Jepara dengan baik.

Alvaros –