blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika melantik JPT Pratama sebelumnya. Foto: SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, saat ini belum terisi alias masih kosong.

Ketiga JPT Pratama di OPD yang masih kosong yakni, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) dan Kasat Pol PP.

blank
Tri Antoro (Kepala BKD Wonosobo). Foto: SB/dok

Saat ini Kepala empat OPD itu dijabat Pelaksana Tugas (Plt). Plt Kepala Disdikpora Tri Antoro yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Plt Kepala Disdukcapil Tarjo yang menjabat Kepala Bappeda Wonosobo.

BACA JUGA: Sulap Tape Singkong Jadi Makanan Tradisional yang Diminati Semua Kalangan

Sedang Plt Disperkimhub dipegang Bagyo Saratono, yang kini menduduki jabatan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperkop UKM). Plt Satpol PP Sumekto HK yang merupakan Sekretaris KPUD Wonosobo.

Kepala Disdikpora kosong, karena pejabat lama M Kristijadi bergeser sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), posisi yang dulu pernah ditempatinya, sebelum menjabat Kepala Disdikpora.

Kepala Disdukcapil sebelumnya, M Zuhri, saat ini sudah pensiun. Sedang Kepala Disperkimhub tidak terisi, sebab pejabat lama Bagyo Sarastono bergeser jadi Kepala Disperkop dan UKM. Sedangkan Kasat Pol PP Haryono, baru saja pensiun.

BACA JUGA: Yayasan BUMN  Indonesia Serahkan Bantuan Alat Kesehatan Senilai Rp 600 Juta

Kepala BKD Tri Antoro mengatakan, selain empat OPD, jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Eko Sutrisno Wibowo, serta Camat Selomerto Hadi Susilo, juga dalam waktu dekat akan kosong. Karena keduanya akan segera memasuki masa pensiun.

Tentang pelaksanaan seleksi JPT Pratama di empat OPD yang kosong itu, pihak BKD menyebut, mulai awal Oktober 2021 nanti. ”Jika tidak ada aral melintang, Insya Allah, segera akan dimulai proses seleksi untuk mengisi posisi JPT Pratama yang masih lowong,” tukas dia dalam keterangannya, Minggu (26/9/2021).

Muharno Zarka-Riyan