blank
AKBP Yuniar Arifianto, Kapolres Kendal didampingi "demit" pocong meninjau langsung pembagian bingkisan bagi masyarakat yang sudah divakai dalam pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa Poncorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Sabtu malam (25/9/2021). Foto : Istw

KENDAL (SUARABARU.ID) – Banyak “demit” jejadian bergentayangan di sekitar lokasi gerai vaksin yang digelar Polres Kendal, mulai dari meja pendaftaran, skrining hingga meja vaksinasi, Sabtu malam (25/9/2021).

Hal itu tidak menjadikan masyarakat menjadi takut, tapi malah semakin penasaran dan antusias untuk berfoto bersama “demit” yang bergentayangan usai disuntik vaksin. Karena memang berkostum horor menyerupai “demit” merupakan satu strategi yang dijalankan Polres Kendal dalam melaksanakan vaksinasi massal di malam hari.

Salah satunya adalah “demit” yang berbentuk menyerupai pocong yang diperankan oleh Brigpol Aji di lokasi gerai vaksin. Diakuinya, banyak warga yang minta foto bareng saat melihat penampilannya itu.

“Hantu pocong paling menarik perhatian, banyak warga ingin berfoto dengan saya,” ujarnya di lokasi vaksinasi, Balai Desa Poncorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal.

Demit sendiri, merupakan istilah Jawa bagi bangsa astral atau makhluk halus yang biasa disebut oleh masyarakat di Jawa dan sekitarnya.

Beda dengan Bripka Evi Gita, Polwan yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Kendal, yang terlihat memoles wajahnya hingga mirip boneka Annabelle.

“Kegiatan vaksin malam ini sangat menarik, karena petugas vaksin pun sangat bersemangat untuk di dandani ala hantu di film horor. Warga pun penasaran untuk melihatnya semua itu, tapi semua itu tidak membuat membuat warga takut malahan mereka tertawa saat di vaksin,” ungkapnya.

blank
‘Demit’ berbentuk pocong ikut mengawal pembagian wedang ronde yang disediakan Polres Kendal untuk masyarakat yang vaksin di di lokasi vaksinasi, Balai Desa Poncorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Sabtu malam (25/9/2021). Foto : Istw

Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Arifianto mengaku, ide vaksinasi bertema horor ini muncul, ketika mengagendakan kegiatan vaksinasi massal covid-19 di waktu malam hari. Dan tak menyangka, bila antusiasme warga begitu besar.

“Pelaksanaan vaksinasi ini, merupakan bukti keseriusan Polres Kendal dalam upaya pencapaian target vaksinasi vasional. Tema ‘Horor’ bermaksud memberikan edukasi kepada masyarakat, ‘Vaksin itu tidak menakutkan, namun menyehatkan’ dengan begitu dapat menarik antusias masyarakat untuk melaksanakan vaksin,” terang Yuniar.

Polres Kendal, lanjutnya, menyediakan 500 dosis vaksin untuk warga malam itu. Dan tim Vaksinasi Polres Kendal mencatat, antusias masyarakat dapat menyerap target vaksinasi yang disediakan tersebut secara merata.

“Kami juga menyediakan suguhan, berupa minuman hangat wedang jahe dan wedang ronde yg bisa di nikmati masyarakat. Kemudian kami memberikan sembako kepada masyarakat yang sudah divaksin” tambah Yuniar

Absa