Tangkapan layar, film "Sadar". Foto: Ilustrasi

Oleh: Agung Hermawan Asdy

Salah satu kompentensi dasar dalam pembelajaran sosiologi di kelas XII adalah menganalisis dampak perubahan sosial bagi masyarakat. Sebenarnya jika di klasifikasikan menurut efek yang di timbulkan akan terdapat dua kemungkinan yaitu perubahan berdampak positif dan perubahan berdampak negatif.

Ada beberapa dampak positif perubahan sosial yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Dampak positif yang pertama adalah munculnya nilai dan norma baru yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Kemudian berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru, serta pesatnya perkembangan teknologi. adapun dampak negatif perubahan sosial ditandai dengan munculnya disorganisasi sosial.

Nilai dan norma dalam suatu masyarakat  mulai melemah akibat terjadinya perubahan, cultural shock atau guncangan budaya, dan cultural lag atau kesenjangan budaya yang menggambarkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat terjadinya perubahan serta pergeseran kebudayaan.

Akan tetapi belajar akan terasa menjenuhkan jika hanya sebatas teori dan pengukuran kecakapan kognitif seperti tugas maupun ulangan harian.

Siswa perlu dikenalkan dengan atmosfer lain dalam pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menghibur sehingga bukan hanya menguasai teori ataupun menganalisis tetapi juga turut merasakan pengalaman nyata dalam suatu konsep metode belajar salah satunya adalah sosiodrama.

Menurut Sagala (2009: 213) sosiodrama adalah metode mengajar yang mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu situasi sosial.

Seiring berkembangnya teknologi dan teknik sinematografi modern sebuah drama tidak harus di tayangan dalam pagelaran tetapi dapat diaplikasikan dalam sebuah karya film pendek sesuai dengan tema yang telah disepakati dan tentu saja kegiatan ini melibatkan kelompok, teamwork yang kuat akan sangat menentukan hasil dari karya yang bukan hanya relevan tetapi bisa dinikmati.

Langkah yang pertama kali dilakukan tentu saja mematangkan konsep materi, kemudian menyusun ide cerita, skenario, mempersiapkan alat, talent dan lokasi pengambilan film.

Jalan cerita diambil dari dampak perubahan sosial akibat pandemi covid – 2019 yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya, ketika sekolah harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Film menceritakan seorang siswa pandai disekolah yang pada awalnya merasa enjoy karena bisa belajar dari rumah. Tetapi karena durasi PJJ yang terlalu panjang kemudian beban tugas yang semakin menumpuk tiap harinya.

Hal ini membuat siswa merasa bosan akhirnya dilampiaskan dengan bermain game online sampai lupa waktu dan mengabaikan pelajaran di sekolah, akibatnya prestasi disekolah semakin memburuk, pada akhir cerita ada seorang teman yang selalu memotivasi agar terus bangkit dan kuat dalam menghadapi pandemi covid-19.

Film ini juga diisi oleh soundtrack lagu asli hasil karya siswa, secara keseluruhan proyek ini dikerjakan dalam waktu kurang lebih satu bulan, kegiatan syuting dan editing dilakukan setelah selesai daring.

Video ini diunggah di akun youtube dengan link https://youtu.be/WkvXUyhJxrg dan dapat ditayang sebagai media pembelajaran HOTS pada mapel sosiologi khususnya subtema dampak perubahan sosial.

Ada beberapa ukuran indikator pencapaian kompentensi dasar subtema dampak perubahan sosial yang dipelajari menggunakan metode sosiodrama.

Saat siswa secara indikator pengetahuan dapat memahami materi jauh lebih mendalam dan menggali berbagai macam sumber belajar baik terkait materi pelajaran maupun literasi lain yang relevan.

Selain itu dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai dampak perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, sedangkan pada indikator ketrampilan, siswa mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam pembelajaran dengan menggabungkan beberapa unsur keterampilan di bidang seni dan teknologi.

Agung Hermawan Asdy, S.Pd, G.uru Mapel Sosiologi Kelas XII di SMA N 1 Pegandon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here