blank
Salah satu tim peserta saat menyampaikan paparannya di depan Tim Juri Lomba Krenova 2021.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara Integrated Furniture (Jeniture), akhirnya meraih gelar juara pada Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) kabupaten Jepara tahun 2021, yang diselenggarakan   oleh Bappeda Kabupaten Jepara pada Kamis (23/9).

Aplikasi berbasis android yang mengintegrasikan setiap tahapan dalam industri mebel atau furniture ini berhasil melampaui hasil penilaian dari 11 peserta lomba Krenova lainnya dengan total poin 258.

Ketua Tim Juri Ir. Suryono, M.Sc. (UNDIP) menyampaikan bahwa inovasi yang dikembangkan oleh Muhammad Yogi Alfito Valentino dan Muhammad Andi Kurniawan, ini menjadi sangat potensial untuk mengembangkan industri mebel Jepara yang sedang dalam kondisi lesu akibat pandemi covid.

“ Saya yakin aplikasi ini akan dapat berkembang, jika Muhammad Yogi Alfito Valentino dan Muhammad Andi Kurniawan benar-benar menggarapnya dengan serius”, ungkap Suryono saat menanggapi Inventor.

Juri lain yang terdiri dari Retno Kusbandiyah, S.KM (Dinas Kesehatan Kab. Jepara), Julda Safa, S.ST (Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Jepara), Arif Nur Hayati (SMK N 1 Jepara), dan Ir. Luki Mudiarti, M.Si (Unisnu Jepara), pun memberi tanggapan dan penilaian postiif atas inovasi kedua inventor ini.

Sementara itu, Julda Safa, S.ST secara spesifik mengatakan, bahwa inilah sebenarnya yang ditunggu-tunggu oleh pengusaha industri mebel Jepara. Karena akan menghubungkan pengusaha industri mebel dengan penyedia bahan baku dan pasar produk yang lebih luas.

Peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Rizal Alansyah dengan temuan Reaktor Emulsi Terasi Cair (Resiter) dan Kholifah dengan inovasi Sambal Ikan Asap.  Keduanya meraih penilaian dari Tim Juri dengan total 254 dan 240 poin.

Para juara mendapatkan Trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Bappeda yang mewakili Kepala Badan.

Sekretaris Bappeda, Adi Sasongko, S.Pi., M.Si  menyampaikan kepada para peserta, baik yang juara maupun yang belum juara untuk terus melakukan kreasi dan inovasi dalam segala lini kehidupan.

Hadepe – Wah