blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Berbagai kegiatan untuk menutup kebutuhan hidup keluarga di siang hari, hingga tidak bisa melakukan vaksin.

blank
VAKSIN – Salah seorang warga Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal tengah divaksin. (foto: nino moebi)

Untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa vaksin pada siang hari, Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal membuka vaksinasi pada malam hari di Kantor Kelurahan Jumat malam, (10/9/2021).

Camat Tegal Selatan Sartono Eko Saputro mengatakan, kegiatan vaksin pada malam hari salah satu bentuk merespon usulan warga masyarakat Kelurahan Debong Tengah yang ketika akan ikut vaksin siang hari ada kendala pekerjaan.

“Bekerja sebagai buruh harian, tukang batu dan lainnya, sehingga punya waktunya malam hari karena pada siang hari untuk bekerja. Yang namanya buruh tidak bekerja berarti tidak mendapat penghasilan solusinya kita carikan waktu senggang,” kata Sartono disela kegiatan vaksin.

Sartono berharap masyarakat yang menjadi sasaran vaksin dan dari screning dinyatakan layak di vaksin dapat tuntas mengikuti vaksinasi sehingga segera terbentuk herd imunity dan masyarakat kembali dapat beraktifitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terpisah Lurah Debong Tengah, M Iwan mengatakan, kami ucapkan terima kasih banyak atas gagasan yang disampaikan Camat Tegal Selatan dan para petugas vaksinasi di Kelurahan Debong Tengah.

Dikatakan, pihaknya sudah tiga kali pelaksanaan vaksinasi malam hari.
Target 110 untuk tahap 1, dan tahap 2 juga 110.

“Sebetulnya belum memenuhi target rapi, syukur sudah mendekati target, dibanding dengan pelaksanaan siang hari,” kata Iwan.

Dikatakan, pelaksanaan vaksin pertama di RW 06 yang tervaksin 84 orang, sebetulnya bisa melebihi 110 tapi sayang saat itu dosis vaksinya habis dan pelaksanaan vaksin malam hari ke dua di Pendopo kelurahan juga sama mengalami kehabisan dosis vaksin.

Capaian prosentase vaksin di Kelurahan Debong Tengah update terhitung per 9 September 2021 sebanyak 52 persen, urutan ke 22 dari 27 kelurahan di Kota Tegal.

“Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi pada malam hari ini, harapan kami bisa mendongkrak capaian vaksin lebih banyak lagi Aamiin,” harap Iwan.

Nino