blank
Danramil Sawangan berdialog dengan warga, tadi. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-TMMD Reguler ke-112 di Desa Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang, akan dimulai 15 September mendatang. Sejak beberapa hari lalu telah diawali dengan kegiatan pra-TMMD yang mengerjakan sejumlah pekerjaan dengan melibatkan warga setempat.

Setidaknya ada 36 anggota TNI dan 65 warga yang dilibatkan. Dari jumlah itu ada empat wanita setempat. Di balik pelaksanaan pra-TMMD, aparat setempat sering melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan warga.

“Ternyata warga suka desanya ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan TMMD,” tutur Danramil 12/Sawangan, Kapten Arh Suhadi, hari ini.

Dikatakan, salah satu wanita yang dilibatkan dalam pra-TMMD adalah Sunarti (55) warga Dusun Puluhan, Ketep, Sawangan. Tadi Danramil menyempatkan melakukan komunikasi sosial dengan Sunarti. “Dia sangat bangga pemerintah melaksanakan TMMD Reguler ke-112 tahun 2021 di desnya,” tuturnya.

Menurut Danramil, dia selalui berkoordinasi, bersinergi, saling mengingatkan tentang situasi dan kondisi di wilayah desa. “Khususnya tentang kepentingan-kepentingan masyarakat, seperti akses jalan, rumah tidak layak huni (RTLH) dan sebagainya,” ujar Kapten Suhadi.

Menurut Danramil, komsos merupakan sarana untuk mempererat silaturahmi dengan warga masyarakat. Bertujuan untuk menjaga kebersamaan dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami juga memberi edukasi kepada warga bahwa virus Covid-19 dapat menular kepada siapa saja. Untuk itu kami imbau agar masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Ny Sunarti tadi menyampaikan terima kasih kepada Kodim Magelang yang telah melaksanakan TMMD Reguler ke-112. Dikatakan, dengan dilaksanakannya pengecoran, maka akses jalan untuk mengangkut pupuk kandang maupun hasil pertanian semakin mudah. Selama ini jalan itu dimanfaatkan warga hanya dengan berjalan kaki. Setelah dicor bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Atas nama warga, saya berterima kasih jalannya diperbaiki dan saya dilibatkan dalam kegiatan pra-TMMD,” katanya.

Eko Priyono