blank
 Tim Semen Gresik menyalurkan bantuan paket sembako untuk Komunitas Difabel Blora Mustika. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) – PT Semen Gresik (SG) menyalurkan bantuan 2.000 paket sembako untuk meringankan beban warga terdampak covid-19, khususnya kaun difabel, anak yatim,, dan komunitas rentan lainnya.

Paket sembako yang berisi beras, telur, minyak goreng, mi instan dan lainnya sudah didistribusikan ke ribuan penerima manfaat di berbagai lokasi di Kabupaten Rembang dan Blora.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR SG Dharma Sunyata mengungkapkan, bantuan pangan nontunai ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus bentuk kepedulian dalam upaya meringankan beban masyarakat yang mengalami dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi covid-19.

Selain itu, menjadi bukti peran serta SG memberikan kontribusi positif menangani pandemi.

blank
Dinas Sosial Rembang menerima paket sembako secara simbolis dari Semen Gresik untuk disalurkan kembali ke masyarakat yang membutuhkan. Foto: Humas SG

”Banyak sahabat, sedulur-sedulur duafa, penyandang disabilitas yang didera kesulitan ekonomi saat pandemi dan butuh perhatian. Belum lagi anak yatim yang kehilangan orangtua karena Covid-19. Semoga niat baik perusahaan ini bisa mendorong mereka memenuhi kebutuhan pokoknya,” kata Dharma dalam siaran persnya, Senin 6 Juni 2021.

Lanjut Dharma, guna mencegah kerumunan dan bantuan bisa tepat sasaran, SG menerjunkan Satgas BUMN Pengendalian covid untuk menyalurkan paket langsung dari rumah ke rumah dan dari komunitas ke komunitas dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Dia menekankan, sisi lain dari masa pandemi adalah menguatkan empati dan semangat berbagi. Terkait bantuan pangan ini pun, pihaknya melibatkan UMKM dan BUMDes binaan SG yang tergabung dalam Rumah BUMN Rembang, sebagai penyedia ribuan paket sembako.

”Pola sinergitas seperti ini sebagai refleksi pemberdayaan UMKM dan BUMDes. Dengan demikian, kami bisa memberikan manfaat, membantu mereka meraih peluang-peluang ekonomi,” tambahnya.

Pada prinsipnya, tandas dia, SG akan terus berkomitmen mendukung Pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19, mulai dari berbagai bantuan yang sifatnya langsung, dan juga upaya pemulihan ekonomi masyarakat ke depan.

Ahmad Sueb, warga Kecamatan Sarang, Rembang, sebagai penerima paket sembako menyampaikan apresiasi atas kepedulian SG. “Kami ucapkan terima kasih. Sebelumnya kami juga dibantu saat kegiatan sunatan massal bagi 45 anak. Ini membuktikan kehadiran Semen Gresik sangat bermanfaat untuk masyarakat, semoga bisa berkelanjutan,” harapnya.

Senada disampaikan Ketua Difabel Blora Mustika Moh Abdul Ghofur. Menurutnya, paket sembako ini sangat berguna bagi anggotanya. Dia berharap sinergi dengan SG tetap terjalin erat dan pandemi pun cepat berlalu agar ekonomi segera pulih.

wied