blank
Pemprov Jateng belum lama ini melakukan kerja sama dengan marketplace digital Shopee, untuk mendirikan Kampus UMKM. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melakukan ikhtiar digitalisasi UMKM, di tengah turbulensi ekonomi akibat pandemi covid-19. Upaya ini merupakan wujud pemenuhan visi misi Ganjar-Yasin, yang kini memasuki tahun ketiga melayani rakyat Jateng.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati menyampaikan, berdasarkan data dari dinasnya, sebanyak 44.338 pelaku UKM terdampak wabah covid-19. Dari jumlah itu, UKM yang paling banyak terdampak adalah bidang makanan minuman sebanyak 65,33 persen. Disusul UKM bidang perdagangan sebesar 16,40 persen, dan jasa 6,93 persen.

”Jika dilihat dari permasalahannya, secara persentase 52,98 persen UKM mengalami kendala dalam pemasaran. Selain itu, ada kendala dari permodalan sebanyak 30,24 persen,” ujar Ema dalam keterangannya di Semarang, akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Unimma Gelar Vaksinasi Massal Lintas Agama

Kondisi itu, imbuhnya, tidak berbeda jauh ketika PPKM Darurat mulai diberlakukan 5-20 Juli 2021. Oleh karenanya, Pemprov Jateng melakukan upaya masif, guna mengubah strategi berdagang konvensional pelaku UMKM ke digital. Di antaranya, dengan peningkatan literasi digital, pelatihan, bimbingan teknis, dan workshop.

Kerja sama pun dijalin dengan platform jualan dan pelatihan daring. Di antaranya promosi melalui start up decacorn Gojek, melalui promo Banner Go-Food, yang telah mendapatkan omzet sebesar Rp 2,5 miliar. Promosi virtual UKM Virtual Expo (UVO) yang menjaring pembeli hingga luar negeri, dan menangguk omzet hingga Rp 4,8 miliar.

Ada pula kerja sama yang dilakukan dengan Go-Jek melalui platform Go-Shop. Pada tahun ini, Pemprov Jateng juga bekerja sama dengan marketplace digital Shopee, untuk mendirikan Kampus UMKM. Selain itu, ada pula pelatihan online oleh Mbizmarket, guna mempersiapkan UMKM ikut dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

BACA JUGA: 15 Pesantren dan Sejumlah Tempat Ibadah Jadi Sasaran Vaksinasi Polda Jateng

”Gubernur juga ikut mempromosikan UMKM melalui Lapak Ganjar. Kami juga ada pelatihan marketing online. Kerja sama dengan Go-Jek melalui Go-Shop, juga dilakukan di beberapa Kabupaten dan Kota, seperti di Surakarta Raya, Sragen, Kota Solo, Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar. Ada pula Banyumas, Kabupaten Semarang dan Kota Tegal,” sebutnya.

Menurut Ema, pelatihan bagi UMKM pun diberikan. Di antaranya dengan program Hetero Space, kompetisi start up. Juga ada pendampingan yang dilakukan di UMKM Center di Banyumanik, Semarang.

Upaya-upaya itu didukung pula dengan produk hukum. Melalui Instruksi Gubernur Jateng No 4/2021, yang merupakan respon dari undang-undang cipta kerja, guna memaksimalkan pengadaan barang dan jasa dari sektor UKM. Hingga Agustus 2021, terdapat 622 UKM yang terdiri dari 291 UKM berbadan hukum. dan 331 non badan hukum.

”Sementara transaksi yang telah bergulir sebanyak 620 paket, dengan nilai Rp 1.556.385.378,” tandas Ema.

Riyan