blank
Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno melantik Irina menjadi PAW anggota DPRD, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Meraih 57 suara pada Pemilu 2019, Irina (43), kader Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Magelang dilantik menjadi pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPRD Kota Magelang masa bakti 2019-2024. Wanita kelahiran 14 Oktober 1978 ini mengganti  Saleh Nahdi yang mundur pada April 2021.

Dia diambil sumpahnya oleh Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno, di depan Rapat Paripurna DPRD setempat beberapa hari lalu.

Acara pelantikan PAW dihadiri Wali Kota Magelang, dr Muchammad Nur Aziz beserta jajaran dan anggota DPRD setempat.

‘’Tidak tahu ya, ini sudah jadi jalan Tuhan saya bisa duduk menjadi anggota dewan. Tentu ini menjadi amanah, dan saya akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,’’ ujarnya.

Irina bergabung dengan Perindo tahun 2015, setahun setelah partai menjalani verifikasi pada tahun 2014. Kemudian pada tahun 2018 ia ikut dalam pencalegan dengan daerah pemilihan (dapil) Magelang Tengah, satu dapil dengan Saleh Nahdi yang waktu itu sebagai Ketua Perindo Kota Magelang.

Dari perhitungan KPU, Irina mendapatkan 57 suara atau suara terbanyak kedua setelah Saleh Nahdi yang mendapat sekitar 1.800 suara. Meski mengantongi suara sedikit,namun wanita yang kesehariannya sebagai pengusaha ini bisa duduk sebagai wakil rakyat.

‘’Tidak terbebani sih meski suaranya sedikit waktu pancalegan dulu. Saya akan maksimalkan tugas sebagai wakil rakyat ini,’’ tuturnya.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengemukakan, tugas berat sudah menanti Irina di parlemen. Terlebih di masa pandemi ini, wakil rakyat harus fokus pada masyarakat, karena anggota dewan pun sebagai bagian dari pemerintahan daerah.

‘’Ini berat loh, kita harus fokus pada penanganan Covid-19. Tentunya agar masyarakat tidak makin terdampak pandemi. Wajib hukumnya kita bekerja untuk rakyat,’’ ungkapnya.

Budi minta segera lakukan penyesuaian. Sementara ini masih menduduki posisi yang sama dengan Saleh Nahdi di Komisi A dan Bapemperda serta masuk ke Fraksi Demokrat. Untuk selanjutnya terserah nanti rapat fraksi yang akan menentukan.

Wali Kota Muchamad Nur Azis menerangkan, Irina harus segera menyesuaikan diri dengan tugasnya di legislatif. DPRD merupakan mitra sejajar Pemkot Magelang dalam pemerintahan daerah atas dasar otonomi daerah.

‘’Kita berjalan selaras dalam melaksanakan amanah rakyat. Wajib hukumnya kita bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sinergi harus terus dijaga. Juga jaga terus kondusifitas dalam menangani Covid-19,’’ terangnya.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor    : Doddy Ardjono