blank
Berbagai elemen masyarakat di Watumalang Wonosobo foto bersama usai sumbang Al Quran. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Tim gabungan dari berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari Koramil 02/Watumalang, Yayasan Sahabat Bangun Negeri, Relawan Penanggulangan Bencana (RPB) Watumalang, Yayasan Sedekah Air dan Unsiq Jateng di Wonosobo membagikan 1.000 Al Quran dan 600 buku Iqra.

Sejumlah Al Quran dan buku Iqra tersebut dibagikan kepada Taman Pendidikan Quran (TPQ), Taman Pendidikan Al Qurab (TPA) dan Madrasah Diniyah (Madin) yang ada di wilayah Kecamatan Watumalang Wonosobo.

Babinsa Koramil 02/Watumalang Kodim 0707/Wonosobo yang juga Ketua RPB Watumalang Serma Nimir menyampaikan kegiatan ini dalam rangka membantu anak-anak yang sedang mempelajari agama Islam khususnya belajar Al Quran.

“Sebab Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam.
Di beberapa desa di wilayah Watumalang masih banyak anak-anak yang kesulitan mendapatkan Al Quran dan buku Iqra untuk belajar baca tulis Al Quran,” katanya.

Hal itu, menurutnya, disebabkan banyak faktor seperti kurang pedulinya orang tua, karena masalah ekonomi dan sebagainya. Dengan adanya kegiatan pembagian Al Quran ini diharapkan permasalahan tersebut sedikit bisa teratasi.

Generasi Penerus

blank
Sumbangan Al Quran untuk sarana mengaji anak-anak di Watumalang Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

“Di samping itu, juga sebagai dukungan moril bagi para santri yang sedang mendalami ilmu agama. Sehingga mereka lebih giat lagi dalam belajar dan mengaji. Keterbatasan sarana belajar dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam mengaji,” ujar Serma Nimir.

Ketua Yayasan Sahabat Bangun Negeri Anang menambahkan tugas mencerdaskan anak bangsa merupakan tanggung jawab semua. Sebab anak-anak merupakan aset bangsa yang akan menggantikan pendahulu di masa yang akan datang.

“Saat ini yang menjadi keprihatinan semua adalah masalah moral atau ahlak bangsa Indonesia. Begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh generasi muda. Mulai dari pengaruh HP dan TV. Semua masuk mencuci otak anak-anak,” tegasnya.

Salah satu cara membentengi anak-anak, sambung dia, adalah hanya dengan belajar agama. Dengan mengenal agama yang baik permasalahan tersebut akan membentuk moral generasi penerus yang bisa diandalkan.

“Kami atas nama Yayasan Sahabat Bangun Negeri mengucapkan banyak terima kasih kepada Koramil 02/Watumalang dan RPB yang telah bersama sama menyalurkan Al Qur’an dan buku Iqra,” katanya.

Pihaknya berharap mudah-mudahan apa yang dilakukan bersama-sama ini membawa manfaat bagi anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa. Anak merupakan warisan yang harus diberdayakan sehingga punya SDM yang unggul.

Muharno Zarka