blank
Ny Farida Indrayani sebagai Ketua RT 04 Desa Kawedusan, Kebumen melakukan serah terima dengan Ketua RT lama Munawir disaksikan sesepuh warga Nadjib dan Ketua Panitia Pemilihan Suhantoro.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ketua RT lazimnya dijabat seorang laki-laki. Namun warga RT 04 RW 01 Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, membuat terobosan dengan memilih perempuan sebagai ketua RT.

Ny Farida Indrayani (55) terpiih secara demokratis melalui pemilihan langsung pada Sabtu (28/8). Setelah surat suara dihitung oleh panitia dan disahkan malam itu juga , selanjutnya dilakukan serah terima Ketua RT 04 Desa Kawedusan.

Pemilihan ketua RT 04 di Desa Kawedusan ini pun tergolong unik. Panitia pemilihan ketua RT berkeliling, atau disebut sebagai pemilihan secara vertikal. Hal itu untuk menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan.

Menurut sesepuh warga yang juga Ketua Takmir Musala At Thahiriyah RT 04 Desa Kawedusan KH Drs Nadjib SH, sebelumnya warga RT 04 telah menggelar Musyawarah Warga terbatas pada 22  Agustus 2021 di musala. Intinya sehubungan masa bakti ketua RT lama Munawir telah berakhir, maka warga menyepakati perlu segera dilakukan pemiihan ketua RT yang baru.

blank
Panitia pemilihan ketua RT 04 Desa Kawedusan Kebumen,,berkeliling ke rumah warga.(Foto:SB/Ist)

Untuk mempersiapkan pemilihan, warga membentuk panitia pemiihan. Atas usulan sesepuh dan warga menyepakati menetapka calon ketua RT.  Melalui musyawarah dan masukan tokoh masyarakat, ada tiga nama yang ditetapkan sebagai calon atau kandidat ketua RT.

Ketiga nama itu yakni Mudiono, Acid Suryawan dan Fadira Indrayani. Ny Fardia Indrayani dikenal sebagai tokoh masyarakat yang aktif dan pernah menjadi  anggota BPD Desa Kawedusan. Dalam pemilihan yang dilakukan dari rumah ke rumah atau secara door to door, pada Sabtu (28/8).

Panitia Pemilihan Ketua RT terdiri atas Suhantoro, Sudarto dan Prayitno berkeliling ke rumah warga sembari mengedarkan kertas suara. Hak pilih adalah kepala rumah tangga dan istri. Selanjutnya kertas suara yang telah diisi dimasukkan kotak dan dibawa ke mushala.

Sehabis Shalat Isya, panitia mengumpulkan kartu suara dan menghitung disaksikan beberapa warga . Hasilnya, Mudiono meraih 28 suara, Acid Suryawan 27 suara dan Farida 30 suara. Kemudian Edi Purnomo diusulkan oleh 12 warga ada satu suara tidak sah.

Dengan dasar suara sah warga panitia memutuskan pada malam itu terpilih sebagai Ketua RT 04 Desa Kawedusan Ibu Fadira Indrayani. Selanjutnya malam itu juga dilaksanakan serah terima jabatan dari Munwair kepada Fadira disaksikan Ketua Panitia Suhantoro dan sesepuh warga Nadjib.

Komper Wardopo