blank
Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif (GUs Afif) melepas sepeda sehat dari depan kantor NU Jalan Kusuma, Minggu 29/8.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sekitar 250 kader NU Kebumen Minggu (29/0) pagi menggelar gowes sepeda sehat dan bakti sosial (baksos) di Muara Sungai Luk Ulo Kali Ratu Desa Jagasima dan Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong.

Rombongan sepeda sehat NU Kebumen dilepas langsung oleh Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif (Gus Afif) dari halaman Kantor PCNU, Jalan Kusuma.

Sepeda sehat juga diikuti Ketua Tanfidziyah PCNU KH Mohamad Dawamudin Masdar, Pemimpin Cabang BNI Kebumen Himawan Herrachmadi, Rektor UMNU Kebumen Dr H Imam Satibi, Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSi dan Ketua Baznas Kebumen KH Bambang Sucipto MPdI.

blank
Rombongan Gowes Merah Putih NU Kebumen berfoto bersama Rois Syuriyah PCNU KH Afifudin Khanif.(Foto;SB/Ist)

Menurut Imam Satibi yang juga ketua Lembaga Pengembangan Pertanian NU (LPPNU ) Kebumen, sepeda sehat tersebut sebagai kampanye herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah pandemi Covid-19 melalui Gowes Merah Putih.

Yang menarik, selain melepas Gowes Merah Putih, Rois Syuriyah Gus Afif yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu itu juga menjadi peserta bersama Ketua Tanfidziyah KH Dawamudin Masdar.

Peserta lain dari jajaran pengurus PC, Lembaga dan Banom, dosen dan civitas akademika IAINU Kebumen dan UMNU Kebumen, masyarakatr umum serta Komunitas Gowes Singamanggala.

blank
Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Moh Dawamudn Masdar menyerahkan bibit pohon bidara.(Foto:SB/Ist)

Imam Satibi menambahkan, ada  dua tujuan lokasi Gowes Merah Putih yakni  Kali Ratu Jagasima dan Menara Tanggulangin. Berhubung perjalanan yang jauh peserta diajak transit di Pondok Pesantren Al Istiqomah Desa Tanjungsari Petanahan.

Selama  perjalanan dan di lokasi acara, rombongan PCNU melalui pengeras suara menyosialisasikan pentingnya hidup sehat, vaksin dan protokol kesehatan (prokes). Kekebalan kelompok menjadi syarat memasuki kehidupan baru bersahabat dengan covid.

Ketua PCNU Kiai Dawamudin menyampaikan bahwa kegiatan gowes sebagai bentuk media untuk mengajak warga rajin berolah raga di tengah pandemi. Olah raga yang murah meriah dan menyehatkan bisa dilakukan dengan mengayuh sepeda onthel.

Selain itu juga disampaikan gowes ini dalam upaya menumbuhkan solidaritas sosial. Pihaknya menggandeng Lazisnu dan Baznas Kebumen memberikan santunan bagi anak yatim maupun orang jompo untuk dua desa, Desa  Jagasima dan Desa Tanggulangin. Juga penyerahan bibit pohon bidara.

Di Pondok Pesantren Al Istiqomah yang diasuh KH Ali Muin Lc MPd, rombongan disambut dengan   hiburan pembacaan puisi dan sholawat dari santri. Peserta gowes pun sejenak terhibur sehingga bisa menarik nafas agar sampai tujuan.

Komper Wardopo