blank
Ganjar ikut dalam webinar Forum Anak yang mengambil tema, 'Konferensi Kebaikan Jawa Tengah', Minggu (29/8/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– ”Sekarang bukan saatnya Protes tapi Prokes (Protokol Kesehatan),” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam webinar dengan tema ‘Konferensi Kebaikan Jawa Tengah’, Minggu (29/8/2021).

Prokes yang dimaksud Ganjar Pranowo yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak/menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas/bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak atau sngat penting.

Gubernur menyampaikan hal itu, ketika ikut dalam webinar bersama Forum Anak yang tergabung dalam Mitra Unicef. ”Selamat datang Ayah Ganjar,” sambut moderator Nayla, yang langsung dijawab ramah oleh Gubernur.

Dikatakan Ganjar, membangun kebaikan sangat penting. Dan jangan lupa, diri sendiri harus berbuat baik terlebih dahulu. Menurut dia, banyak cara untuk berbuat kebaikan dalam pandemi yang bisa dilakukan anak-anak.

BACA JUGA: Menelisik Pembangkangan Bupati Jepara Terhadap Lembaga Penerima Mandat Presiden

”Misalnya, mengirim buah untuk keluarga atau teman yang sedang sakit, mengumpulkan dana untuk dibagikan pada masyarakat yang memerlukan, membuat video, atau men-share vlog yang isnpiratif tentang kebaikan,” saran dia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga memberikan saran dan nasihat kepada anak-anak yang mengikuti webinar ini. ”Kalian harus belajar tentang kepemimpinan, mengatur waktu kapan belajar, bekerja dan istirahat. Lalu harus pandai memilah dan memilih mana yang harus dikerjakan dulu,” tukas Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jateng, Dra Retno Sudewi Apt MSi MM menyatakan, kesehatan mental yang baik sangat diperlukan oleh individu. Terutama oleh anak-anak muda yang akan menerima estafet kepemimpinan di masa datang.

BACA JUGA: Afief Mundzir Jabat Kabid Penais Kemenag Jateng

”Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika individu merasakan ketenangan batin, tenteram, dan nyaman, sehingga memungkinkan individu bisa menikmati kehidupan sehari-hari, dan menghargai orang lain di sekitarnya,” ujar Retno.

Ditambahkan dia, seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal, dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Forum Anak di Jateng sendiri telah mendapatkan penghargaan dari KPAI, sebagai Forum Anak yang memiliki dedikasi tinggi dan kepedulian, pada perlindungan anak pada tahun ini.

BACA JUGA: HUT ke-20 Partai Demokrat, Anggota FPD DPRD Wonosobo bagi Paket Sembako

”Berkat dukungan seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Forum Anak ini memperoleh penghargaan dengan 13 predikat Pratama, 14 Madya, tujuh Nindya dan satu Utama,” tutur dia.

Dalam webinar ini juga diisi tentang kesehatan mental, yang disampaikan oleh Rizqi Karomatul Khoiroh, sedang Pendidikan Karakter Keren tanpa Perundungan oleh Sinta Nurul Oktaviana Kasim dan Smart Relationship with Love oleh Arida Nuralita.

Humaini-Mul