blank
Rektor USM Andy Kridasusila SE MM didampingi Wakil Rektor III USM menyematkan jaket almamter secara símbolis kepada mahasiswa baru USM

SEMARANG– Sebanyak 3.651 mahasiswa baru Universitas Semarang (USM) mengikuti Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa ( Pakem ) pada 28-29 Agustus secara daring dan luring.

Kegiatan yang pimpin oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM dihadiri Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudarto P Hadi PhD, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Dr Diah Sulityarini Muladi, Ir H Soeharsojo IPU, Eddy Djoko Pramono SH MH MT, para dekan beserta tamu undangan lain.

Wakil Rektor III USM Dr Supari MT melaporkan bahwa tujuan Pakem adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar lebh cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem perguruan tinggi di USM.

“Sesuai surat edaran dari Direktur Belmawa Ditjen Dikti Ristek bahwa Pakem kali ini ini menampilkan empat video tayangan yaitu sambutan Mendikbud Ristek, materi bahaya terorisme dari Kepala BNPT, materi bela negara oleh direktur bela negara Kementrian Pertahanan dan materi etika bersosial media oleh Kemenkominfo” ungkap Supari.

Sementara Rektor USM Andy Kridasusila dalam sambutannya berharap kepada seluruh mahasiswa baru untuk aktif di kegiatan mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa, dan saat ini USM juga menerima mahasiswa dari Negara Ghana yaitu Asare Owusu Sekyere akan menempuh studi di program studi S1 Manajemen.

Andy juga sempat berkomunikasi dengan tiga mahasiswa baru yaitu Junifa Umi Rahma dari Fakfak Papua Barat ambil program studi di Perencanaan Wilayah dan Kota, Lucia Arinda Luan dari Atambua NTT kuliah di program studi Ilmu Hukum, dan Nurul Amanda Dika Saputri dari Batam Kepulauan Riau dari program studi Psikologi.

“Sesuai dengan visi misi, lulusan USM harus profesional, beradab memiliki wawasan terkait IT dan pembangunan, dan berkeindonesiaan sehingga setelah lulus dari USM kami berharap mahasiswa dari luar daerah bisa Kembali ke daerah asal agar pembangunan di Indonesia lebih merata” tambahnya.

Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD berharap mari bersama-sama nyengkuyung untuk memajukan USM, karena USM adalah rumah kita, tempat belajar, tempat menggajar, tempat mengabdi, tempat untk mengaktualiasasi menjadi lebih baik.

“Belajar di perguruan tinggi adalah masa transisi dari SMA yang terstruktur, terbimbing menjadi mandiri, ketika kuliah anda mandiri bebas memilih mata kuliah yang akan diambil, bebas memilih dosen pembimbing akrena itu kemampuan yang akan dimiliki adalah daya kritis dan berfikir sistemik” ungkap Prof Sudharto.

Prof Sudharto dalam kesempatan tersebut juga memperkenalkan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip yang baru yaitu Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM dan ketua dewan penyantun USM yaitu Prof Dr Mafud MD yang saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam RI.

Saiful Hadi – USM