blank
Bupati Afif Nurhidayat melantik sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Guna mengisi kekosongan dan rotasi guna penyegaran organisasi pada tingkatan jabatan eselon III dan IV, Bupati Afif Nurhidayat melantik dan mengambil sumpah 212 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Wonosobo di halaman Pendopo Bupati, Jum’at (27/8).

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan ucapan selamat pada para pejabat administrator dan pengawas yang baru dilantik.

Kepada para pejabat yang dilantik, untuk dapat segera bekerja dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di lingkungan instansi masing-masing.

“Berikan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam bekerja, demi memberikan pelayanan pada masyarakat yang berkualitas,” tuturnya.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BKD, yang telah melaksanakan semua prosedur pengangkatan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Wonosobo.

“Saya harap, pejabat yang dilantik hari ini mampu menjalankan peran barunya dengan amanah dan mampu memberikan kontribusi berharga bagi pembangunan di Wonosobo,” ungkapnya.

Kepada para pejabat yang baru dilantik, diharapkan untuk segera mengenal lingkungan kerja dan beradaptasi dengan tugas dan fungsi yang baru.

“Jangan malu untuk belajar, bukalah hati dan pikiran untuk menerima masukan dari ilmu dari mana pun dan siapa pun,” papar dia.

Misalnya, jika seorang Camat, maka belajarlah kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bagian Hukum, Bagian Pemerintahan dan Aset.

“Demikian pula dengan jabatan yang lain. Silahkan belajar kepada dinas atau instansi yang berkaitan dengan bidang tugas. Sehingga dapat lebih mendalami dan mampu menciptakan solusi bagi setiap permasalahan,” terangnya.

Kerjasama

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan salah satu pejabat yang dilantik menunjukan SK. Foto : SB/Muharno Zarka

Jika menjabat sebagai Sekretaris, maka harus bisa menjadi motor dalam organisasi. Gerakkan kemajuan organisasi, munculkan terobosan dan solusi atas permasalahan yang menghambat laju organisasi.

“Hal ini berlaku kepada seluruh pejabat yang hari ini dilantik. Jadilah bagian dari solusi pada setiap permasalahan. Hadirkan solusi atas setiap akar permasalahan yang dihadapi dalam bidang tugasnya,” tambah Afif.

Bupati juga mengharapkan kerja sama yang baik dari para pejabat yang dilantik hari ini, dalam menjawab tantangan pembangunan ke depan yang semakin berat.

Dengan kerja sama yang baik antar elemen, lanjutnya, baik pejabat, OPD dan masyarakat, akan mampu bersama-sama membawa daerah tercinta ini ke arah kemajuan.

“Saya berpesan pada seluruh pejabat yang dilantik senantiasa bersyukur, melalui kinerja yang baik, profesional, dan rasa tanggung jawab tinggi. Baik dalam mengabdikan diri pada negara maupun melayani masyarakat,” paparnya.

Afif minta lakukan koordinasi dan bina kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, demi lancar dan suksesnya program kerja. Hindarkan diri dari perbuatan tercela dan menyimpang dari kejujuran dan peraturan yang ada.

“Jaga selalu martabat diri dan Pemkab Wonosobo dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab dipundak memang berat. Samun saya yakin semua dapat menunaikannya dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan ini dilantik sebanyak 212 pejabat administrator dan pejabat pengawas, yang terdiri dari pejabat administrasi sebanyak 82 orang dan pejabat pengawas 130 orang.

Sejumlah 82 pejabat administrasi terdiri dari 32 orang eselon III.a (14 orang rotasi dan 18 orang promosi), 50 orang eselon III.b (22 rotasi dan 28 promosi).

Sedangkan 130 pejabat pengawas terdiri 109 orang eselon IV.a (52 rotasi dan 57 promosi), 21 orang eselon IV.b (5 rotasi dan 16 promosi).

Muharno Zarka