blank
Suasana webinar yang diselenggarakan P3M STIPARI Semarang. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Stiepari Semarang menyelenggarakan webinar dengan topik “Mengubah Skripsi/Tesis Menjadi Artikel Jurnal” Senin 23 Agustus 2021.

Pembantu Ketua Bidang Akademik STIEPARI Semarang Dr Heru Yulianto, SE, MM mengatakan, webinar diadakan untuk memfasilitasi mahasiswa yang sudah menempuh skripsi dan tesis.

“Harapannya penelitian yang dihasilkan mahasiswa yang terlaporkan tidak hanya menjadi sebuah karya yang nantinya tersimpan di lemari pribadi maupun perpustakaan, namun bisa diolah lagi oleh mahasiswa menjadi sebuah artikel ilmiah yang bisa dipublikasikan di jurnal ilmiah,” kata dia.

Hal semacam ini bisa disebut sebagai luaran mahasiswa yang merupakan komponen wajib dalam mendukung akreditasi program studi.

Dijadikannya sebuah skripsi dan tesis menjadi artikel ilmiah, akan membuat nama mahasiswa dan dosen pembimbing menjadi terindeks di situs-situs pengindeksan sebuah artikel jurnal seperti google scholar, SINTA dan lain-lain.

“Sesuai dengan jurnal yang dituju untuk penerbitan artikelnya,” kata Heru Yulianto.

Langkah-langkah dalam mentransfer sebuah skripsi dan tesis menjadi artikel jurnal ilmiah dijelaskan terperinci dan jelas oleh pemateri webinar  Dr. Andhi Supriyadi, ST, SE, MM, MH selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M).

Webinar ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa STIEPARI Semarang yang telah menempuh skripsi dan tesis serta diikuti oleh mahasiswa bahkan dosen dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Tercatat peserta yang bergabung dalam kegiatan webinar ini mencapai 300-an orang.

Webinar dilakukan melalui zoom meeting dan live streaming di channel Youtube p3mStiepari yang dimoderatori oleh Dyah Palupiningtyas, SE, MSi yang merupakan dosen program studi S1 Manajemen dan sebagai Pusat Penelitian P3M STIEPARI.

Webinar ini merupakan kegiatan rutin dari P3M dalam memfasilitasi mahasiswa khususnya bagi mahasiswa STIEPARI dan direncanakan akan dilaksanakan berkesinambungan dengan webinar lainnya.

“Misalnya webinar penggunaan aplikasi Mendeley, webinar metode penelitian kuantitatif dan webinar metode penelitian kualitatif. Rangkaian webinar tersebut merupakan upaya dari p3m dalam menumbuhkan suasana akademik dan menumbuhkan semangat penelitian dikalangan mahasiswa serta mengembangkan budaya literasi di STIEPARI Semarang,” kata Heru.

wied