blank
Dokter H Masyhudi AM MKes terpilih kembali menjadi Ketua Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) Periode 2021-2026. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Direktur Utama Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, dr H Masyhudi AM MKes, untuk kedua kalinya terpilih kembali menjadi Ketua Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) Periode 2021-2026.

Dalam Muktamar V Mukisi yang diselenggarakan secara virtual belum lama ini, seperti dalam rilisnya kepada suarabaru.id, juga memilih kembali dr Burhanuddin Hamid Darmadji MARS, sebagai Sekretaris Umum Mukisi.

Sebelum pelaksanaan Muktamar Mukisi yang berlangsung Selasa (24/8/2021), diselenggarakan Webinar Nasional dengan tema ‘Mempertahankan Mutu Pelayanan Kesehatan Islam di Era Pandemi’.

BACA JUGA: Buruh Pabrik Ini, Mengaku Konsumsi Ganja Sejak SMP

Sebagai keynote speaker Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin. Sedangkan pembicara lainnya Ketua Mukisi dr H Masyhudi AM MKes, Ketua Divisi Sertifikasi RS Syariah Dr dr Sagiran SpB, Komisi Fatwa MUI Dr dr Endy Muh Astiwara MA dan Anggota Divisi Sertifikasi RS Syariah Dr drg Wahyu Sulistiadi MARS.

Dalam sambutannya, KH Ma’ruf Amin memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mukisi, yang telah berperan menjadi pelopor lahirnya RS Syariah di Indonesia. Wapres menaruh harapan besar kepada Mukisi, agar mampu memberikan kontribusi dan perannya, dalam pelayanan kesehatan islami secara maksimal, di masa pandemi ini.

Sedangkan dr Masyhudi menjelaskan, Muktamar V Mukisi ini membahas empat Agenda, yaitu pembahasan laporan pertanggungjawaban pengurus 2016-2021, perubahan AD/ART, penyepakatan program serta penetapan Ketua Umum dan Sekretaris Umum Mukisi Periode 2021-2026.

BACA JUGA: Meksiko Sambut Hangat Anggota Tim Robotika Perempuan Afghanistan

Selanjutnya dibentuk tim formatur, untuk mendiskusikan kandidat yang telah dipilih sebanyak sembilan orang, oleh para anggota perwakilan tiap instansi rumah sakit syariah anggota Mukisi.

Mereka adalah, dr Jusuf Saleh Bazed SP U, dr Burhanuddin Hamid MARS, dr Masyhudi AM MKes, Dr dr Sagiran SpB (K) KL MKes, dr Widodo Wirawan MPH, dr Dadang Rukanta SpOT MKes, dr Yahmin Setiawan MARS, Dr dr Nasryudin AM SpOG (K) MARS, dan Dr drg Edi Sumarwanto MM MHKes.

”Kami ingin memberikan kepercayaan kepada dr Masyhudi dan dr Burhan untuk melanjutkan kepemimpinan Mukisi, karena dalam lima tahun ini kegiatan yang dilakukan Mukisi sungguh luar biasa sekali,” ungkap Ketua Dewan Pembina Mukisi, Jusuf Saleh Bazed.

BACA JUGA: 2.000 Dosis Vaksin untuk Santri Ponpes Askhabul Kahfi Mijen

Atas kesepakatan sembilan orang anggota tim formatur yang terpilih itu, kemudian diputuskan dr Masyhudi dan dr Buhan sebagai Ketua Umum dan Sekertaris Umum Mukisi Periode 2021-2026.

Dalam keterangannya kepada wartawan, dr H Masyhudi menyampaikan, pemilihan dirinya pada periode keduanya ini, merupakan amanah yang luar biasa.

”Bagi saya maupun dokter Burhan, ini amanah luar biasa untuk kembali menunaikan tugas perjalanan dakwah islami dalam bidang kesehatan. Sekaligus kami mohon doa restu, semoga semua dapat amanah dalam membangkitkan RS Syariah di Nusantara,” harap dr Masyhudi dalam pidatonya setelah terpilih.

Diungkapkan dia, ada banyak tantangan yang harus dijawab untuk periode lima tahun mendatang. Karena itu dia berharap, adanya kerja sama dari semua pengurus maupun anggota, sekaligus membutuhkan dukungan yang kuat, dan niat yang ikhlas dalam menjalaninya.

Riyan