blank
Para santri Ponpes Askhabul Kahfi, antre mendapatkan vaksinasi yang diselenggarakan Markas Besar TNI Angkatan Laut, belum lama ini. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabes TNI AL), belum lama ini melakukan vaksinasi covid-19, untuk santri Pondok Pesantren Askhabul Kahfi di Kecamatan Mijen, Semarang.

Pengasuh Ponpes Askhabul Kahfi, KH Masruchan Bisri mengatakan, vaksinasi dari Mabes TNI AL itu sangat diharapkan, karena menghilangkan kehawatiran akan adanya paparan covid-19 kepada para santri, selama berkegiatan di ponpes.

‘Alhamdulillah kami bersyukur, kedatangan Pak Achmad Syalabi yang berdinas di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah beserta Komandan Lanal Semarang, Kolonel (P) Nazarudin dan Pasi Intel Mayor Gunadi, menyampaikan kabar ada program vaksinasi massal dari Mabes TNI AL dengan kuota 2.000 dosis,” kata Kiai Masruchan, dalam keterangannya baru-baru ini.

BACA JUGA: DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Magelang Ajukan Beberapa Tuntutan

Menurutnya, saat ini santri Askhabul Kahfi berjumlah 3.000 orang. Total santri yang telah tervaksin sebelumnya, baru mencapai 700 orang.

”Santri yang sebelumnya sudah vaksinasi telah mengikuti lebih dahulu dari lingkungannya, tapi sebagian besar santri kami belum melaksanakan vaksinasi,” terang dia lagi.

Sementara itu, Komandan Lanal Semarang (Danlanal), Kolonel (P) Nazarudin menyampaikan, vaksinasi lanjutan masih akan menyasar ponpes di wilayah Semarang. ”Selanjutnya vaksinasi covid-19 akan dilanjutkan ke Pondok Pesantren Asshodiqiyah,” tutur Nazarudin.

Dia menambahkan, di sejumlah ponpes masih mengalami kekurangan kuota vaksin. Oleh sebab itu, Lanal Semarang akan berusaha membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi, khususnya di wilayah ponpes.

Riyan