Salah satu narapidana Lapas Perempuan Semarang saat mengikuti fashion show mengenakan pakaian dari limbah daur ulang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk kepudulian terhadap lingkungan dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76, Lapas Perempuan Semarang menggelar perlombaan fashion show berbahan dasar barang bekas, Senin (23/8/2021).

Melalui gelaran yang bertajuk ‘Pemilihan Duta Lingkungan Lapas Perempuan Semarang’, ditampilkan parade fashion yang memanfaatkan limbah daur ulang menjadi pakaian ready to use yang berlangsung di aula Lapas Perempuan Semarang.

Para warga binaan bebas mengkreasikan barang bekas yang digunakan, bisa dari bahan plastik, karung goni, karung plastik, kertas koran, maupun dedaunan.

Kepala Lapas Perempuan Semarang, Kristiana Hambawani mengatakan, pertunjukan ini bukan hanya parade fashion biasa, ini merupakan upaya untuk mengirim pesan kepada warga binaan maupun masyarakat. Bagaimana bahan yang tidak terpakai bisa diolah menjadi barang berseni tinggi.

Kristiana juga ingin menginspirasi dan menarik minat generasi muda untuk berkreasi dengan bahan daur ulang.

“Mengelola dan mengurangi volume sampah, namun dikemas dengan cara yang lebih modern, kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepannya bisa mengurangi volume sampah, khususnya di dalam lingkungan Lapas Perempuan Semarang.

Sementara dalam perlombaan tersebut, kostum yang bertemakan ‘Garuda’ perwakilan dari blok IV menjadi pemenangnya.

Ning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here