Data perkembangan kasus Corona Kabupaten Kebumen dari Bidang Informasi Publik Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kebumen sampai Selasa (17/8) ada penambahan kasus terkonfirmasi positif  baru 28 orang, kasus terkonfirmasi sembuh 34 orang, dan meninggal dunia 2 orang. Namun secara umum kasus positif corona semakin turun.

Ketua Bidang Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto dalam rilis harian pada 18/8 menjelaskan, kasus aktif hari itu tercatat 494 orang. Tersebar di seluruh kecamatan atau di 26 kecamatan.

Untuk Data Mikro Zonasi Desa, desa Zonasi Merah di Kebumen tinggal  6 desa.  Sedangkan desa dalam Zonasi Oranye ada 48 desa.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara keseluruhan hingga saat di Kabupaten Kebumen tercatat 15.810. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut, dirawat 300 orang, menjalani isolasi 194 orang,  total meninggal dunia 964, sembuh 14.352 orang.

Sedangkan untuk Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit atau tingkat keterpakaian tempat tidur Rumah Sakit untuk Covid-19 di Kebumen sebesar 43,13persen.

Masyarakat agar Patuhi Prokes

Menurut Cokro Aminoto, memperhatikan perkembangan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen, Gugus Tugas telah melakukan pengkajian kasus dan analisa data. Dari hasil kajian tersebut  menunjukkan bahwa kasus positif covid-19 di Kabupaten Kebumen masih berpotensi naik.

Namun kehidupan beragama, pendidikan, sosial- ekonomi harus berjalan sehingga diperlukan upaya memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB), dengan dicirikan penerapan protokol pencegahan penularan covid-19 secara ketat.

Pihaknya mengimbau masyarakat hendaknya mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan dan tidak bepergian jika tidak perlu.

Dia jelaskan, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Forkompinda beserta pejabat terkait memimpin dan menyelenggarakan serangkaian  peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76 secara terbatas.

Sejak dari Renungan Suci, Upacara Bendera tingkat Kabupaten Kebumen secara terbatas dan lIve Ratih TV Kebumen, ziarah ke TMP,  mengikuti Upacara Detik-detik serta Upacara  Penurunan Bendera  Tingkat Nasonal  secara virtual.

Komper Wardopo

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini