blank
Suasana Pra Konferensi PWI Kendal di Gedung Wanita Setda Kendal.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Kabupaten Kendal, menggelar acara Pra Konferensi PWI di Gedung Wanita Setda Kendal, Senin(09/08/2021).

Hadir pada acara ini Wakil Ketua PWI Jateng bidang organisasi, Isdianto, Sekretaris Setiawan Indra Kelana dan anggota bidang organisasi, Sunarto.

Dalam sambutannya, Isdianto sekelumit menceritakan bahwa, sebelum tahun 2015 keanggotaan PWI di sejumlah daerah belum tertata dengan baik, begitu pun dengan kepemilikan kartu anggotanya.
Namun setelah memasuki tahun 2017, di sejumlah daerah Kabupaten yang belum ada kepengurusannya, kemudian dibentuk meski masih dikatakan embrio karena belum memenuhi syarat untuk menyelenggarakan konferensi.

“Karena sekarang di Kabupaten Kendal sudah ada lima orang yang memiliki kartu biasa, bisa menyelenggarakan konferensi PWI sendiri,”kata Isdianto.

Menurut Isdianto, untuk bisa mendapatkan kartu PWI biasa wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan(UKW) dan tentu wartawan bernaung di media yang sudah berbadan hukum.

Namun jika medianya tidak berbadan hukum, maka dewan pers tidak akan memprosesnya.

“Setengah bulan setelah pelaksanaan pra konferensi ini, PWI Kendal harus segera mengadakan konferensi PWI atau setidaknya akhir Agustus ini,” ujar Isdianto.

Syarat untuk mencalonkan diri sebagai ketua, mereka yang sudah mempunyai kartu PWI biasa dan minimal usia kartu adalah satu tahun.

“Calon pun juga akan diverifikasi masa berlaku kartu PWInya. Kalau habis masa berlakunya, tentu bisa gugur pencalonannya,”ucap Isdianto.

Karena Kendal hanya ada lima orang yang mempunyai kartu PWI biasa, Isdianto berharap supaya menyelesaikan sendiri secara internal di PWI Kendal terlebih dahulu, baru kemudian hasilnya dilaporkan ke PWI Provinsi.

“Kalau calon ketua sudah terpilih, baru dibentuk panitia formatur.
Mudah- mudahan acara konferensi nanti bisa berjalan lancar, tertib dan bisa memajukan Kendal lewat program- programnya,” pungkas Isdianto. Sp