blank
Ketua KONI Kudus Imam Triyanto. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua KONI Kabupaten Kudus Imam Triyanto secara tegas mendukung kebijakan KONI Jawa Tengah terkait penundaan Porprov 2022. Sebagai salah satu tuan rumah Porprov, KONI Kudus sepakat atas keputusan tersebut mengingat mepetnya waktu pelaksanaan dan pandemi yang masih belum menentu.

Pernyataan Imam Triyanto ini sekaligus membantah statemen Ketua KONI Grobogan, Fathurahman di sebuah media yang mengatakan KONI Pati Raya selaku tuan rumah Porprov menolak penundaan Porprov 2022.

Dalam pernyataannya, Fathurrahman penolakan atas kebijakan penundaan Porprov tersebut mendasarkan pada hasil rapat bersama KONI Kabupaten se wilayah Pati Raya di Kudus.

“Memang ada rapat KONI Pati Raya di Kudus beberapa hari lalu. Dalam rapat tersebut tidak ada keputusan yang menyebutkan adanya sikap KONI Pati Raya menolak kebijakan penundaan Porprov,”kata Imam,  Senin (9/8).

Imam mengatakan, dalam rapat tersebut memang dibahas terkait turunnya surat penundaan Porprov. Hanya saja, dalam rapat tersebut, pembahasan lebih ke upaya meminta kejelasan kapan penundaan akan dilaksanakan.

“Jadi karena keputusan penundaan Porprov tersebut baru disampaikan melalui surat, kami dari KONI Pati Raya selaku tuan rumah ingin mendapat kejelasan yang lebih detil sampai kapan penundaan dilakukan. Oleh karena itu, kami juga berencana melakukan audiensi dengan KONI Jawa Tengah,”tukasnya.

Di sisi lain, selaku Ketua KONI Kudus, Imam mengatakan kalau penundaan Porprov adalah langkah tepat. Sebab, saat ini KONI Jawa Tengah juga tengah disibukkan dengan persiapan PON Papua yang akan digelar tahun ini.

“Ini akan membuat daerah akan kesulitan mempersiapkan atletnya. Apalagi kalau ada atlet yang masuk dalam tim PON, tentu ini akan menjadi persoalan tersendiri,”tandasnya.

Tak hanya itu, kondisi pandemi yang masih belum menentu juga membuat penundaan Porprov adalah langkah yang logis. Pun dengan kesiapan anggaran, alokasi dana dari Pemerintah Kabupaten juga belum bisa maksimal akibat adanya refocusing akibat pandemi.

“Jadi selaku Ketua KONI Kudus, kami menilai penundaan Porprov 2022 sudah cukup logis. Apalagi ini adalah keputusan Gubernur,”tukasnya.

Sebagaimana diketahui, keputusan penundaan Porprov dikeluarkan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah melalui surat Nomor 426/2130. Dalam surat tertanggal 27 Juli 2021 tersebut diputuskan bahwa Porprov 2022 yang rencananya akan digelar di Pati Raya, ditunda hingga situasi dan kondisi memungkinkan.

Dalam surat tersebut, dijelaskan keputusan itu diambil setelah Gubernur Jawa Tengah menerima kajian dari KONI Jawa Tengah mengenai prospek pelaksanaan Porprov 2022 serta realitas pandemi Covid-19 yang belum menentu.

Tm-Ab